Unpad Kembali Jadi Kampus Mitra Penyelenggara OSN Pertamina

Seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina di Aula Pusat Pelayanan Basic Science Unpad Jatinangor, Kamis (15/10), (Foto oleh: Arief Maulana)*

[Unpad.ac.id, 15/10/2015] Untuk kedelapan kalinya, Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina kembali digelar, dan Universitas Padjadjaran kembali menjadi salah satu kampus mitra penyelenggara. Seleksi di Unpad dilakukan di Aula Pusat Pelayanan Basic Science, kampus Unpad Jatinangor, Kamis (15/10), diikuti oleh 725 peserta kategori Teori dan 9 tim peserta kategori Proyek Sains.

Seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina di Aula Pusat Pelayanan Basic Science Unpad Jatinangor, Kamis (15/10), (Foto oleh: Arief Maulana)*
Seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina di Aula Pusat Pelayanan Basic Science Unpad Jatinangor, Kamis (15/10), (Foto oleh: Arief Maulana)*

OSN Pertamina merupakan ajang kompetisi ilmiah bagi para mahasiswa di seluruh Indonesia, dan menjadi wadah generasi muda mengekspresikan diri, menampilkan karya cipta, serta mengukir prestasi. Tahun ini, OSN Pertamina mengangkat tema “Inovasi Sobat Bumi, untuk Masa Depan Generasi”.

“Selamat berkompetisi, selamat bertanding. Mudah-mudahan dengan sportif, Anda pasti nanti diharapkan mendapatkan pengalaman yang lebih banyak lagi. Mudah-mudahan apa yang diikuti tentu bisa bermanfaat, tidak hanya bagi diri sendiri, (yaitu) mahasiswa secara individu, juga bagi institusi,” tutur Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpad, Prof. Dr. Budi Nuraini R., saat membuka acara.

Ditemui di sela acara, Kepala Pusat Pengembangan Kegiatan dan Kreativitas Mahasiswa (P2K2M) FMIPA Unpad, Budi Irawan, S.Si.,M.Si. mengatakan bahwa seleksi tingkat Provinsi OSN Pertamina dikelompokkan dalam 10 regional, dan Unpad termasuk dalam salah satu perguruan tinggi penyelenggara di region 6 (Jawa Barat). Selain Unpad, seleksi region 6 juga dilaksanakan di Institut Pertanian Bogor, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Institut Teknologi Bandung.

Adapun kategori Teori mengompetisikan empat bidang, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Berhak untuk mengikuti seleksi tingkat nasional adalah para pemenang (Juara 1) untuk setiap bidang tingkat regional (40 mahasiswa) dan pemenang kategori teori lintas bidang di setiap provinsi (33 mahasiswa).

Meski mayoritas peserta di Unpad ini berasal dari FMIPA, Budi mengungkapkan bahwa para peserta juga berasal dari berbagai fakultas lain seperti Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Keperawatan, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, dan Fakultas Teknik Geologi. Selain dari Unpad, peserta juga berasal dari universitas lain meliputi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Universitas Siliwangi, Universitas Swadaya Gunung Jati, dan Universitas Bale Bandung.

Sementara untuk kategori Proyek Sains, setiap tim terdiri dari 3 mahasiswa yang berkompetisi melalui karya cipta hasil kerja mereka dengan tema mengenai energi baru dan terbarukan. Secara nasional, 30 tim terbaik akan melakukan presentasi di hadapan juri secara online/tatap muka.

“Kategorinya terbagi tiga, yakni aplikasi perangkat lunak, rancang bangun, dan produk unggulan,” ungkap Budi.

Pada OSN Pertamina 2015, kategori Proyek Sains juga melibatkan mahasiswa dari negara-negara ASEAN sebagai peserta. Tim yang berhak mengikuti Babak Final adalah 15 tim terbaik dari Indonesia dan 3 tim terbaik dari negara lain di ASEAN.

Tahun ini, Budi kembali mengharapkan prestasi terbaik akan diraih oleh mahasiswa Unpad. “Targetnya setiap kategori ada juara. Paling tidak juara provinsi,” harapnya.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Share this: