Mahasiswa Peternakan Unpad Raih Juara 3 LKTIN di Universitas Hasanuddin Makassar

[Unpad.ac.id, 4/05/2015] Dua mahasiswa Fakultas Peternakan Unpad, Fajar Nurani dan Ai Samrotul Hasanah meraih juara 3 dalam kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak (Humanika) Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin, Makassar pada 17-20 April 2015 lalu. Kegiatan ini diikuti oleh sepuluh finalis dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia.

Fajar Nurani dan Ai Samrotul Hasanah *
Fajar Nurani dan Ai Samrotul Hasanah *

Pada kesempatan tersebut, Fajar dan Ai mempersentasikan karya tulis ilmiah di bidang nutrisi dan makanan ternak dengan judul “Penggunaan Lerak (Sapindus rarak) sebagai Pemacu Pertumbuhan Domba Garut” di hadapan para juri.

Dalam karya tulisnya, dijelaskan jika penggunaan lerak dapat memacu pertumbuhan Domba Garut karena buah dan biji lerak mengandung saponin. Suplementasi saponin dalam pakan dapat menurunkan populasi protozoa dan meningkatkan populasi bakteri. Dalam ekosistem, rumen protozoa mempunyai sifat memangsa bakteri, sehingga penurunan populasi protozoa dapat meningkatkan perkembangan populasi bakteri.

Peningkatan populasi bakteri memberikan efek positif terhadap peningkatan fermentasi pakan. Peningkatan fermentasi pakan dapat dilihat dari konsentrasi VFA total yang merupakan produk dari fermentasi pakan yang dilakukan oleh bakteri dalam rumen ternak, dan VFA merupakan sumber energi untuk ternak ruminansia.

“Penggunaan lerak bukan hanya untuk memanifulasi rumen, tetapi dengan adanya kandungan selain saponin pada buah dan bijinya dapat diterapkan untuk menghasilkan daging rendah lemak dan rendah kolestrol,” kata Hikmah selaku dewan juri.

Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu menjadi wadah untuk membudidayakan kegiatan menulis karya ilmiah mulai tingkat mahasiswa. Selain itu, dengan digelarnya kompetisi ini diharapkan muncul karya-karya tulis ilmiah yang dapat dijadikan pencerahan terhadap identifikasi dan strategi permasalahan dunia peternakan, khususnya penyediaan pangan sumber protein hewani asal ternak, serta dapat membantu terwujudnya swasembada Nasional.

“Menumbuhkan dan membiasakan diri untuk membuat karya tulis ilmiah tidaklah mudah tetapi membutuhkan banyak latihan dan ketelitian,” ungkap salah satu anggota tim LKTIN Fakultas Peternakan, Fajar. *

Rilis oleh: Fapet Unpad / art

Share this: