Dr. Dwi Purnomo Raih The Outstanding Young Person of The Year dari JCI Bandung

[Unpad.ac.id, 4/05/2015] Dosen Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad, Dr. Dwi Purnomo meraih penghargaan The Outstanding Young Person of The Year (TOYP) dari Junior Chamber International (JCI) Bandung pada kategori Akademisi. Penghargaan diberikan langsung oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil pada acara Asian African Night, Jumat (1/05) lalu di Area Barat Gedung Merdeka Bandung.

Dr. Dwi Purnomo (kanan) bersama Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, usai menerima penghargaan The Outstanding Young Person of The Year (TOYP) dari Junior Chamber International (JCI) Bandung pada kategori Akademisi. *
Dr. Dwi Purnomo (kanan) bersama Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, usai menerima penghargaan The Outstanding Young Person of The Year (TOYP) dari Junior Chamber International (JCI) Bandung pada kategori Akademisi. *

Diraihnya penghargaan The Outstanding Young Person of The Year (TOYP) dari JCI Bandung ini didasarkan pada pencapaiannya yang telah dilakukan sebagai akademisi. Dalam kesehariannya, Dr. Dwi secara konsisten mengembangkan basis keilmuan pada berbagai kegiatan akademik dan upaya pemberdayaan masyarakat.

Beberapa pendekatan baru telah dilakukan oleh Dr. Dwi. Salah satunya, pendekatan Design Thinking yang hingga saat ini berjalan dengan baik dalam tataran akademik.

Sejumlah pembaruan yang dihasilkan Dr. Dwi menekankan pada prinsip dasar kolaborasi dan system thinking, serta berpedoman pada proses kreatif dan mengembangkan kerja tim. Pembaruan ini menghasilkan beberapa inovasi penting terutama dalam pengembangan kurikulum, kegiatan sosial, dan komunitas kewirausahaan. Ia pun menginisiasi model-model pemberdayaan yang dilaksanakan secara sinergis dalam konteks Socio-technopreneuship. Model diaplikasikan dalam beberapa kegiatan seperti seperti Forum Kreatif Jatinangor, Gerakan 1000 Sepatu, The Local Enablers, Sahabat Cita dan kegiatan pengembangan kurikulum dan kepemudaan.

Selain Dr. Dwi, tahun ini JCI Badung memberikan penghargaan TOYP pada Jodi Janitra (bidang kewirausahaan), Adi Panuntun dari 9 Matahari (Kategori Seni dan Budaya), Ginan Koesmayadi – Rumah Cemara (Bidang Kemanusiaan) dan Gibran Chuzaefa Amsi El Farizy (Bidang Teknologi).

JCI adalah organisasi nasional non-politik bagian dari organisasi kepemudaan internasional terbesar di dunia yang berafiliasi pada PBB. Organisasi ini merupakan komunitas internasional dengan anggota berusia antara 18 sampai 40 tahun, dengan maksud menciptakan perubahan positif di selurh dunia. JCI memiliki fokus untuk mencitakan pemimpin yang lebih baik demi menghasilkan masyarakat yang lebih baik pula.

Untuk itu dalam kegiatannya, JCI berupaya membangun rasa percaya diri para pemuda dalam menggali kemampuan yang terdalam serta mengatasi keterbatasan-keterbatasan pribadinya. Dalam kegiatannya, JCI juga berupaya menunjukkan pada generasi muda bagaimana meraih prestasi bagi kehidupan keluarga, sosial dan lingkungan.*

Rilis oleh: FTIP Unpad / art

Share this: