Unit Bola Voli Unpad Raih Juara di Turnamen Universitas Parahyangan Cup

Dua Piala yang diraih Unit Bola Voli Unpad di Turnamen Unpar Cup (Foto oleh: Dadan T.)*

[Unpad.ac.id, 20/04/2015] Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unit Bola Voli Unpad (UBVU) berhasil menorehkan prestasi di turnamen Universitas Parahyangan (Unpar) Cup, 6 – 17 April lalu di GOR Tri Lomba Juang Bandung. Dalam ajang tersebut, Tim voli Putra berhasil meraih juara pertama, sedangkan Tim voli Putri meraih juara kedua.

Dua Piala yang diraih Unit Bola Voli Unpad di Turnamen Unpar Cup (Foto oleh: Dadan T.)*
Dua Piala yang diraih Unit Bola Voli Unpad di Turnamen Unpar Cup (Foto oleh: Dadan T.)*

Achmad Fajar, kapten tim Voli Putra Unpad mengatakan, timnya berhasil menjadi juara setelah mengalahkan tim Universitas Pelita Harapan (UPH) di babak final dengan skor akhir 3-1. Sebelumnya tim Putra berhasil mengalahkan tim dari ITB dengan skor 3-0 dan tim UPH dengan skor 3-2 di babak penyisihan dan mengalahkan tim Universitas Atmajaya dengan skor akhir 3-2 di babak semifinal.

Sementara menurut kapten tim Voli Putri, Tennisya Febrianti, timnya berhasil mengalahkan tim dari ITB dengan skor 3-0 dan Unpar dengan skor 3-0 di babak penyisihan, serta mengalahkan tim dari Telkom University dengan skor 3-1 di semifinal. Namun, tim harus puas meraih posisi kedua setelah dikalahkan oleh tim UPH di babak final dengan skor 3-1.

“Dengan segala keterbatasan, akhirnya kita berhasil meraih juara,” kata Achmad saat diwawancarai Humas Unpad, Senin (20/04).

Selama 3 minggu, tim mempersiapkan untuk mengikuti turnamen tersebut. Terkadang, proses latihan harus didera oleh beberapa kendala, seperti padatnya jadwal penggunaan ruang latihan hingga ketidakhadiran beberapa pemain. Selain itu, waktu latihan tim putra dan putri hanya sekitar 1,5 jam saja.

“Kita selalu ajak terus teman-teman untuk berlatih. Untungnya mereka tidak susah diajak,” imbuh Tennisya.

Lebih lanjut Achmad yang juga mahasiswa Fakultas Hukum mengungkapkan, motivasi tim untuk ikut tunamen ini adalah untuk mengejar capaian prestasi. Selain itu, mereka juga selalu melakukan silaturahmi dengan UKM Voli di Perguruan Tinggi lainnya.

“Ini juga menjadi pengalaman untuk pemain-pemain yang baru,” tambahnya.

web_UBVUDengan meraih juara, tim mendapatkan 2 buah piala dan sertifikat kemenangan. Selain itu, mereka juga mendapat uang pembinaan sebesar Rp 3 juta untuk juara pertama dan Rp2 juta untuk juara kedua.

Turnamen Unpar Cup merupakan turnamen bola voli tahunan yang digelar oleh UKM Voli Universitas Parahyangan. Pada tahun ini, turnamen ini diikuti oleh 7 tim Putra dan 6 tim Putri dari beberapa Pergruan Tinggi di Bandung, Jabodetabek, dan Jogjakarta.

Sebelumnya pada bulan Oktober 2014 lalu, UKM UBVU Unpad juga berhasil meraih juara 3 untuk Tim Putra dan Putri di ajang Universitas Gadjah Mada (UGM) Cup.

Dengan berhasil meraih juara, UKM UBVU Unpad akan lebih memacu diri untuk dapat menorehkan prestasi di berbagai turnamen selanjutnya. “Yang pasti kita harus semakin solid, baik antar pemain maupun antar pengurus biar bisa bawa nama Unpad lebih baik lagi,” pungkas Tennisya.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh

Share this: