Teknologi Industri Pertanian Unpad Inisiasi Kolaborasi Multiprodi dalam Temu UMKM-Akademisi

Peserta "Temu UMKM-Akademisi" di Ampitheatre Gedung Jurusan Teknik dan Manajemen Industri Pertanian FTIP Unpad *

[Unpad.ac.id, 13/03/2015] Sebanyak tiga puluh usaha kecil menengah yang tergabung dalam Forum Kemitraan Pengembangan Ekonomi Lokal (FKPEL), Komunitas Wirausaha Muda Cimahi (KWACI), Forum Kreatif Jatinagor (JTN), dan Komunitas The Local Enablers (TLE) turut berpartisipasi dalam acara “Temu UMKM-Akademisi”. Acara yang diinisiasi oleh Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIN) Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Unpad ini digelar pada Rabu (11/03) lalu di Ampitheatre Gedung Jurusan  Teknik dan Manajemen Industri Pertanian FTIP Unpad.

Peserta "Temu UMKM-Akademisi" di Ampitheatre Gedung Jurusan  Teknik dan Manajemen Industri Pertanian FTIP Unpad *
Peserta “Temu UMKM-Akademisi” di Ampitheatre Gedung Jurusan Teknik dan Manajemen Industri Pertanian FTIP Unpad *

Dalam rilis yang diterima Humas Unpad, Koordinator Program Studi TIN FTIP Unpad, Dr. Dwi Purnomo mengatakan bahwa acara tersebut digelar seiring dengan semakin terbukanya akses Unpad bagi kegiatan kemitraan antara dunia usaha, terutama dengan kelompok Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang semakin aktif mencari keilmuan dan Teknologi terbaru untuk dapat diterapkan dalam pengembangan usahanya.

Kegiatan tersebut melibatkan civitas akademika dari berbagai Program Studi (Prodi) di Unpad, seperti Nandi Sukri, STP. MSi dari Teknologi Pangan FTIP, Anas Bunyamin dan Selly Harselina dari Prodi TIN FTIP, Wahyu Gunawan, Drs. Msi dari Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Nenden Indrayati, Dra, Msi dari Prodi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Dr. Dewi Ratnasari. M.Hum, dari Prodi Sastra Jerman Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Dr. Yoga Sendjaja dari Fakultas Teknik Geologi (FTG) dan Dr. Tuti Karyani dari Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian (Faperta).

“Pelibatan multi program studi dalam satu kegiatan ini diharapkan dapat mendorong secara aktif kegiatan-kegiatan yang dapat dikolaborasikan sehingga membentuk sinergitas dalam berbagai kegiatan penelitian, pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat,” ujar Dr. Dwi.

Selain UMKM, acara tersebut juga turut dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai fakultas, diantaranya FTIP dan FIB Unpad. Para usahawan yang hadir pada umumnya ingin mendapatkan jejaring luas dan pengetahuan serta teknologi terbaru untuk mengembangan usahanya. Pada kesempatan tersebut, beragam permasalahan pengembangan usaha dikemukakan, seperti masalah permodalan, pengemasan, pendampingan, pengawetan, proses pengembangan produk dan beragam masalah lainnya yang disampaikan langsung pada akademisi Unpad yang hadir.

Dalam “Temu UMKM-Akademisi” ini, hadir pula dari pihak Pemerintah, yakni dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Koperasi, Industri, Perdagangan, Pertanian dan Peternakan, serta Bidang Kesejahteraan Rakyat Kota Cimahi yang mengapresiasi kegiatan ini sebagai sebuah terobosan baru dalam memandirikan dan menjadikan katalisator  UMKM menjadi industri yang lebih kuat.

Menurut Dr. Dwi, kolaborasi 4 Pilar yang mencakup Akademisi, Bisnis, Pemerintah dan Komunitas dapat terlihat dengan nyata dengan kegiatan ini. “Terlebih lagi dari tujuh Prodi dengan latar belakang yang berbeda ternyata dapat dikolaborasikan dalam bentuk-bentuk yang lebih konkrit dalam berbagai kegiatan pendampingan, pembelajaran ataupun penelitian,” kata Dr. Dwi.

Acara ini diakhiri dengan kunjungan ke Laboratorium Uji yang dimiliki FTIP Unpad, dengan dipandu oleh kepala Lab Uji, Indira Lanti, Msi. Dalam kunjungan tersebut, dijelaskan bahwa Laboratorium Uji ini dapat menerima pengujian berbagai aspek yang dapat mendukung produk-produk UMKM dan Industri, seperti uji kadaluarsa, TPC, hingga pengujian dengan tingkat kesulitan tinggi dengan proses yang mudah dan cepat. *

Rilis oleh: TIN FTIP Unpad / art

Share this: