Sebanyak 60 Mahasiswa Ikuti Seleksi Olimpiade Nasional MIPA – Perguruan Tinggi Tingkat Universitas

Peserta seleksi Olimpiade Nasional MIPA - Perguruan Tinggi tingkat Universitas Padjadjaran di Bale Rucita Unpad Jatinangor, Kamis (19/03). (Foto oleh: Dadan T.)*

[Unpad.ac.id, 19/03/2015] Sebanyak 60 mahasiswa FMIPA Unpad mengikuti Seleksi Olimpiade Nasional (ON) MIPA-Perguruan Tinggi Tingkat Universitas yang digelar Kamis (19/03) di Bale Rucita Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor. Seleksi ini difasilitasi oleh Subbagian Minat, Penalaran, dan Informasi Biro Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad.

Peserta seleksi Olimpiade Nasional MIPA - Perguruan Tinggi tingkat Universitas Padjadjaran di Bale Rucita Unpad Jatinangor, Kamis (19/03). (Foto oleh: Dadan T.)*
Peserta seleksi Olimpiade Nasional MIPA – Perguruan Tinggi tingkat Universitas Padjadjaran di Bale Rucita Unpad Jatinangor, Kamis (19/03). (Foto oleh: Dadan T.)*

“Seleksi universitas ini digelar untuk mempersiapkan ke tingkat wilayah Jabar,” ujar Budi Irawan, M.Si., saat ditemui di sela pelaksanaan seleksi, Kamis (19/03).

Seleksi meliputi 4 bidang keilmuan, yakni Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Pada seleksi kali setiap bidang keilmuan diikuti oleh 15 peserta. Nantinya, seleksi ini akan menjaring 7 mahasiswa dari setiap bidang keilmuan untuk diikutsertakan dalam kompetisi tingkat wilayah pada 8-9 April mendatang di Kopertisi Wilayah 4 Jabar.

Lebih lanjut Kepala Pusat Pengembangan Kegiatan dan Kreativitas Mahasiswa (P2K2M) FMIPA Unpad ini mengungkapkan, seleksi terbagi ke dalam 4 sesi yang terdiri dari seleksi sub bidang keilmuannya. Soal pun disesuaikan dengan karakteristik soal Olimpiade.

“Dengan seleksi ini, mahasiswa juga minimal tahu bagaimana tipikal soal olimpiade. Mungkin saja di antara mereka yang sudah mengikuti olimpiade waktu SMA. Namun, Olimpiade kali akan beda dan lebih berat soalnya,” jelas Budi.

Penilaian sendiri akan dilakukan oleh tim dosen dari FMIPA Unpad. Budi menargetkan pada Selasa 24 Maret mendatang sudah muncul nama-nama yang lolos untuk diikutsertakan pada tingkat Wilayah.

Di tingkat wilayah, peserta akan bertanding dengan 4 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Kopertis seluruh Jabar untuk memperebutkan tiket menuju ON MIPA-PT Tingkat Nasional. Tingkat nasional ini akan memperebutkan 25 medali dan honorable mention untuk setiap bidnag ilmu.

ON MIPA-PT ini merupakan olimpiade tahunan yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) terutama untuk membina dan mengembangkan bidang keilmuan MIPA. Pada tahun 2013 dan 2014 Unpad berhasil meraih 3 medali perunggu dan honorable mention untuk bidang Kimia di tingkat Nasional.

“Untuk tingkat nasional kita baru bidang Fisika dan Kimia saja yang sudah masuk. Kita harapkan tahun ini seluruh bidang akan masuk ke tingkat Nasional,” terang Budi.

Setelah terjaring untuk tingkat wilayah, panitia sendiri akan memberikan pembekalan bagi para peserta. Pembekalan ini berupa pemantapan melalui latihan soal agar lebih siap menghadapi seleksi selanjutnya.

“Seleksi ini diharapak dapat memotivasi mahasiswa untuk memiliki semangat kompetisi. Mungkin mereka pandai tapi semangat kompetisinya gak ada. Kita terus dorong agar dia punya semangat untuk juara,” harap Budi.*

Laporan oleh Arief Maulana / eh

Share this: