Unpad Bantu Pemkab Indragiri Hulu Riau Dirikan Universitas Indragiri

Perwakilan Unpad dan Pemkab Indragiri Hulu Riau saat penandatanganan kerja sama di Ruang Rektor Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Selasa (17/02). (Foto oleh: Dadan T.)*

[Unpad.ac.id, 17/02/2015] Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Unpad. Penandatanganan dilakukan pada Selasa (17/02) siang di Ruang Rektor Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor.

Perwakilan Unpad dan Pemkab Indragiri Hulu Riau saat penandatanganan kerja sama di Ruang Rektor Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Selasa (17/02). (Foto oleh: Dadan T.)*
Perwakilan Unpad dan Pemkab Indragiri Hulu Riau saat penandatanganan kerja sama di Ruang Rektor Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Selasa (17/02). (Foto oleh: Dadan T.)*

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Bupati Kab. Indragiri Hulu, Yopi Arianto, S.E., dan Kepala Yayasan Pendidikan Indragiri (YPI), Sunardi Ibrahim, dengan Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerja Sama Unpad, Dr.med. Setiawan, dr.

Sementara penandatangan PKS dilakukan oleh Sunardi Ibrahim dengan Prof. Sunardi Mangundjaja, drg., SpBM, Guru Besar Unpad serta disaksikan oleh Bupati dan Dr. Setiawan.

Kerja sama yang dilakukan terkait tentang rencana pendirian Universitas Indragiri (Unindra) di Kab. Indragiri Hulu. Unpad diminta oleh YPI untuk melakukan pendampingan terhadap pendirian Unindra yang ditargetkan akan mendapatkan izin pada bulan Maret mendatang.

“Kita ucapkan terima kasih kepada tim dari Unpad yang kemarin sudah melakukan peninjauan awal ke lokasi kampus Unindra,” ujar Sunardi Ibrahim.

Setelah dilakukan peninjauan awal, pihaknya bersama pengurus Yayasan melakukan persiapan berkas-berkas penunjang pendirian Unindra. Sebelum diajukan ke Kementerian Riset dan Dikti, berkas tersebut akan dilakukan review terlebih dahulu oleh tim Unpad.

“Kita minta Unpad untuk melakukan pendampingan agar niat baik pemerintah ini dapat berjalan dengan baik,” lanjut Sunardi.

Sementara itu, Bupati Kab. Indragiri Hulu juga mengapresiasi kerja sama dengan Unpad. Menurutnya, pendirian Unindra merupakan jawaban dari tantangan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di wilayahnya. Untuk itu, pihaknya memilih Unpad sebagai PTN strategis yang dinilai baik di dalam pengelolaan kampus.

(Foto oleh: Dadan T.)
Mou antara Unpad dengan Pemkab Bangka Barat (Foto oleh: Dadan T.)

Selain melakukan pendampingan terhadap pendirian Unindra, kerjasama ini juga akan dilakukan terkait pada kesempatan melanjutkan studi di Unpad bagi para pejabat, Pegawai Negeri Sipil, hingga masyarakat di Kab. Induragiri Hulu.

Dari pihak Kab. Indragiri Hulu, penandantanganan kerja sama ini dihadiri oleh Asisten Praja I, Kepala Dinas Pertambangan, Kepala Dinas Pendidikan, Direktur Akademi Kebidanan Indragiri, Dosen STIE Indragiri, serta staf Humas Kab. Indragiri Hulu.

Sementara dari pihak Unpad hadir Guru Besar Fakultas Pertanian Unpad, Prof. Ir. Tarkus Suganda, M.Sc., PhD., dan Koordinator Pusat Pengembangan Pembelajaran LP3M Unpad, Dr. Reiza D. Dienaputra, M.Hum.

Sebelumnya, di hari yang sama, Unpad juga telah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding dengan Kabupaten Bangka Barat. Kerja sama ini diakukan dalam rangka melakukan kajian tentang peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Bangka Barat.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh *

Share this: