Kabim Unpad Gelar Silaturahmi Akbar Mahasiswa Bidikmisi se-Unpad

Kegiatan Kabumi

[Unpad.ac.id, 28/02/2015] Kulawargi Mahasiswa Bidikmisi (Kabim) Unpad menggelar “Silaturahmi Akbar (Silakbar) Kabim Unpad”, Sabtu (28/02) di Bale Santika Unpad Kampus Jatinangor. Acara ini diikuti oleh lebih dari 300 mahasiswa program Bidikmisi di Unpad dari angkatan 2011 hingga 2014.

Kegiatan Kabumi
Kegiatan Silaturahmi Akbar Kulawargi Mahasiswa Bidikmisi se-Unpad di Bale Santika Unpad Jatinangor, Sabtu (28/02). *

“Acara ini merupakan salah satu event terbesar Kabim dan semoga acara ini bisa ada lagi dengan materi yang lebih baik lagi,” ujar Santi, selaku ketua pelaksana Silakbar.

Bertema “Mempererat Harmoni dalam Merajut Asa dan Cinta”, acara diawali dengan persembahan Tari Pasambahan dari daerah Sumatera Barat oleh mahasiswa Bidikmisi Fakultas Kedokteran Unpad. Pembina Kabim Unpad, Noladi Wicaksana, Ph.D., mengatakan, penerima Bidikmisi di Unpad dari angkatan 2011-2014 hampir mencapai 4000 orang, dan menjadi salah PTN penerima mahasiswa Bidikmisi paling banyak di Indonesia.

Dengan demikian, mahasiswa Bidikmisi diharapkan dapat mengukir prestasi di Unpad. “Mahasiswa Bidikmisi bisa berprestasi dengan nilai IPK yang tinggi, serta dapat mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada Maret mendatang,” ujar Noladi dalam rilis yang diterima Humas Unpad.

Acara dilanjutkan dengan pengenalan Kepengurusan Kabim Unpad Kabinet Bangkit. Kepengurusan ini terdiri dari delapan kementerian, yaitu Kementerian Sosial, Keuangan, Advokasi dan Kebijakan Mahasiswa, Keilmuan dan Penalaran Ilmiah, Komunikasi dan Informasi, Hubungan Mahasiswa, Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa dan Organisasi (PSDMO), dan Kementerian Ekonomi Usaha ditambah dengan Biro Administrasi Rumah Tangga (ART) dan Sekretaris Kabim Unpad.

Mahasiswa Bidikmisi pun diajak untuk aktif dalam kegiatan Kabim Unpad melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Penandatangan MoU ini diwakili oleh Septiar Dwi Putra, mahasiswa angkatan 2012, Hengki, mahasiswa angkatan 2013, dan Lasmi Citra, mahasiswa angkatan 2014.

Rangkaian acara lainnya dalam Silakbar kali ini yaitu: talkshow dengan pemateri Rizky Ananda, mahasiswa FTIP Unpad sekaligus wirausahawan muda pemilik usaha Lumpia Basah Mas Miun dan Aang Setiawan, alumni FK Unpad yang pernah mengikuti pertukaran pelajar ke Jepang dengan segudang prestasi, Launching Buku Prestasi, Launching Hymne Bidikmisi Unpad yang dipimpin langsung oleh Heri Wibowo, S.Psi, MM., serta Focus Group Discussion (FGD).

Buku prestasi yang menjadi program kerja dari Menteri Keilmuan dan Penalaran Ilmiah Kabim Unpad ditujukan bagi mahasiswa Bidikmisi Angkatan 2014 dan 2013. “Tujuan dari pembuatan Buku Prestasi adalah untuk memonitoring dan memberikan apresiasi untuk mahasiswa Bidikmisi Unpad, sekaligus bentuk kenang-kenangan dan motivasi agar mahasiswa Bidikmisi Unpad bisa aktif, baik itu di akademik maupun nonakdemik,” ujar Asep Muhaemin Al-ansori, Menteri Keilmuan dan Penalaran Ilmiah Kabim Unpad.

Peserta pun berkesan dengan kegiatan ini. Fachrul, mahasiswa Bidikmisi dari Fakultas Peternakan mengatakan, acara ini dapat memberikan motivasi untuk meningkatkan prestasi ketika berkuliah di Unpad. Ia juga berharap acara ini bisa kembali diselenggarakan setiap tahunnya, serta para pengurus Kabim Unpad bisa menjalankan semua tugasnya dengan baik.*

Rilis: Iim Halimatus Sadiyah/arf

Share this: