Pelaksanaan ujian SMUP Program Profesi Apoteker di Jatinangor, Sabtu (24/01). (Foto oleh: Dadan T.)*

[Unpad.ac.id, 24/01/2015] Sebanyak 382 peserta mengikuti ujian Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran Program Profesi di Unpad Kampus Jatinangor, Sabtu (24/01). Jumlah tersebut terdiri dari 354 peserta Program Profesi Apoteker dan 28 peserta Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).

Pelaksanaan ujian SMUP Program Profesi Apoteker di Jatinangor, Sabtu (24/01). (Foto oleh: Dadan T.)*
Pelaksanaan ujian SMUP Program Profesi Apoteker di Gedung Fakultas Farmasi Jatinangor, Sabtu (24/01). (Foto oleh: Dadan T.)*

Ditemui di sela pelaksanaan ujian, Pelaksana SMUP Seleksi Program Profesi, Muchtaridi, M.Si., Ph.D, Apt. mengungkapkan bahwa materi ujian kali ini meliputi Tes Kemampuan Belajar Advance (TKBA) dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI). TKBA dilakukan unjtuk mengukur penalaran dan bakat, dengan materi ujian dari tim Fakultas Psikologi Unpad. Sementara TKBI terdiri dari materi ujian mengenai structure dan listening, dengan materi ujian dari tim Fakultas Ilmu Budaya Unpad.

Tes dilaksanakan serentak untuk kedua program tersebut di kampus Fakultas Farmasi Unpad, Jatinangor, yakni di Gedung Dekanat Farmasi Lama dan Gedung Farmasi Baru (Depan Rektorat). Panitia pun telah mempersiapkan ruangan khusus untuk mengantisipasi peserta yang terlambat.

Selanjutnya, peserta diharuskan mengikuti tes pengetahuan profesi dan wawancara. Untuk peserta Profesi Apoteker, Tes Pengetahuan Kefarmasian dan wawancara dilaksanakan hari ini, setelah pelaksanaan TKBA dan TKBI, di Fakultas Farmasi Unpad Jatinangor. Sementara untuk peserta Profesi Akuntansi, Tes Pengetahuan Akuntansi dan wawancara akan dilaksanakan Minggu (25/01) besok, di kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung.

“Hasil ujian ini akan diumumkan pada 30 Januari 2014 di smup.unpad.ac.id kemudian klik bagian profesinya,” ujar Muchtaridi. Peserta yang dinyatakan lulus, kemudian diharuskan untuk melakukan registrasi mahasiswa baru sesuai dengan jadwal dan persyaratan yang ditentukan.

Dengan digelarnya seleksi ini, Muchtaridi berharap Unpad akan mendapatkan calon mahasiswa yang terkualifikasi, dan memadai secara akademik, penalaran, juga bahasa. Calon mahasiswa profesi juga diharapkan sudah memiliki bekal dasar ilmunya masing-masing.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Share this: