Ini Cuplikan Harapan Civitas Unpad terhadap Calon Rektor Unpad

Suasana sosialisasi Pemilihan Rektor Unpad periode 2015-2019 di Bale Sawala Unpad Jatinangor, Kamis (15/01). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 15/01/2015] Seperti diberitakan sebelumnya, Universitas Padjadjaran kini sedang melaksanakan proses Pemilihan Rektor Unpad periode 2015-2019. Proses tersebut saat ini sedang memasuki tahapan Sosialisasi Strategi dan Program Kerja Calon Rektor Unpad. Lalu, Rektor yang seperti apakah yang diinginkan oleh civitas akademika Unpad?

Suasana sosialisasi Pemilihan Rektor Unpad periode 2015-2019 di Bale Sawala Unpad Jatinangor, Kamis (15/01). (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Suasana sosialisasi Pemilihan Rektor Unpad periode 2015-2019 di Bale Sawala Unpad Jatinangor, Kamis (15/01). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

“Kita sangat mengharapkan Rektor yang terpilih adalah Rektor yang tidak memiliki jarak dengan mahasiswa, dekat dengan mahasiswa, dan siap mendengar aspirasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa,” ujar salah seorang perwakian mahasiswa, Aa Habib Baihaqi, saat ditemui usai acara Sosialisasi Strategi dan Program Kerja Calon Rektor Unpad 2015-2019 di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Kamis (15/01).

Selain itu, Habib yang kini menjabat sebagai Ketua BEM Kema Unpad ini juga mengharapkan Rektor kedepannya memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan kesejahteraan, termasuk mahasiswa. Komitmen Unpad saat ini terkait tidak boleh ada mahasiswa yang berhenti kuliah karena masalah finansial harus tetap dipertahankan.

Hal senada diungkapkan Koko Iwan Agus Kurniawan, Ketua BPM Kema Unpad. Koko juga menambahkan bahwa seorang Rektor harus visioner, tegas, dan memahami keadaan di Unpad dengan baik. Terkait Unpad menjadi PTN BH, diharapkan Unpad dapat lebih transparan dan akuntabel dalam hal keuangan, terutama terbuka pada mahasiswa.

Perwakilan mahasiswa lain, Kama Sukarno selaku Ketua BEM Fakultas Hukum (FH) Unpad mengatakan bahwa Rektor Unpad yang tepat adalah Rektor yang paham akan visi dan misi Unpad. “Ketika ia paham, ia akan tahu program kerjanya seperti apa. Misalnya Unpad ingin bersaing di kancah internasional, itu tidak akan bisa diwujudkan kalau kualitas dan kuantitas pendidikannya tidak memadai,” ujarnya.

Salah satu hal yang Kama soroti adalah belum memadainya jumlah guru besar di Unpad, termasuk peran guru besar dalam mengajar mahasiswa. Selain itu, diharapkan akan ada kontrol yang lebih baik dari tingkat universitas ke fakultas.

Bukan hanya mahasiswa, tenaga kependidikan Unpad pun memiliki kriteria ideal sendiri untuk Rektor Unpad kedepannya. Ditemui di kesempatan yang sama, Dra. Juni Juningsih, M.H, Dra. Heni Sunyaningsih, M.Ikom. dan Ir. Dhyana Melawati M.Si sepakat mengharapkan Rektor yang lebih memperhatikan kesejahteraan pegawai, baik finansial maupun fasilitas. Rektor diharapkan dapat memperhatikan pegawai, termasuk dalam pengembangan kompetensi dan karir.

“Kita juga mengharapkan Rektor yang visioner, memiliki pola pikir forward looking, dan memilki strategi untuk menyelesaikan berbagai masalah,” ujar Dhyana.

Sementara itu, salah seorang dosen Unpad, Drs. Slamet Usman Ismanto, M.Si mengharapkan Rektor yang terpilih adalah seseorang yang memiliki kemampuan manajerial yang baik, mampu menghimpun dan mengelola sumber daya yang cukup besar untuk kebutuhan riset dan pengembangan, serta memiliki jaringan yang luas.

“Selain dia punya motif ‘ekonomi’, tetapi dia juga harus memiliki benefit di lingkungan sosialnya,” tuturnya.

Adapun acara Sosialisasi Strategi dan Program Kerja Calon Rektor Unpad yang digelar hari ini bertema “Strategi Unpad sebagai PTN Badan Hukum”. Selain dilakukan presentasi strategi dari masing-masing Calon Rektor, pemaparan juga dilakukan melalui diskusi panel.

Pada kesempatan tersebut, hadir ketujuh Calon Rektor yaitu Prof. Dr. Ir. H. Denny Kurniadie, M.Sc. (Fakultas Pertanian), Prof. Dr. Ir. Ellin Harlia, M.S., (Fakultas Peternakan), Prof. Dr. Engkus Kuswarno, M.S. (Fakultas Ilmu Komunikasi), Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc. (Fakultas Teknik Geologi), Prof. Dr. Ina Primiana, S.E., M.T. (Fakultas Ekonomi & Bisnis), Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE. (Fakultas Ekonomi & Bisnis) dan Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr (Fakultas Kedokteran). Acara dimoderatori oleh Prof. Dr. Hj. Nurpilihan dan Dr. Sigid Suseno, SH, M.Hum. *

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

 

Share this: