Sisihkan Ratusan Pesaing, Taufik Nurhidayatulloh Terpilih Ikuti ASEAN Young Professionals Corps

Para peserta ASEAN Young Professionals Corps dari berbagai negara *

[Unpad.ac.id, 9/12/2014] Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad, Taufik Nurhidayatulloh terpilih mengikuti program ASEAN Young Professionals Corps (AYVPC) yaitu program pemberdayaan yang diinisiasi oleh Kementerian Budaya, Pemuda, dan Olahraga Pemerintah Brunei Darussalam yang diajukan pada The 8th ASEAN Ministrial Meeting on Youth. Program AYPVC Vietnam ini berlangsung selama dua minggu (23/11-6/12) bertempat di Hue, Vietnam.

Para peserta ASEAN Young Professionals Corps dari berbagai negara *
Para peserta ASEAN Young Professionals Corps dari berbagai negara saat mengikuti program di Hue, Vietnam *

Sebelumnya, program yang melibatkan 10 negara di kawasan Asia Tenggara ini pernah diselenggarakan di Kamboja, Indonesia dan Filipina. Pada program tersebut, pemerintah Brunei memberikan beasiswa penuh kepada seluruh peserta yang berhasil lulus pada proses seleksi.

Pada program kali ini, selain Taufik juga ada mahasiswa program Master dari Australia National University yang menjadi perwakilan dari Indonesia. Keduanya berhasil menyisihkan sebanyak 900 pendaftar lainnya. Kedua berhasil lolos seleksi yang dilakukan oleh panitia seleksi melalui pembuatan esai terkait isu pendidikan dan lingkungan serta video mengenai program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan di negara asal pendaftar.

Dalam rilisnya disebutkan bahwa program AYVPC kali ini memfokuskan pada pendidikan, lingkungan, pembentukan kepercayaan diri dan juga waste management pada masyarakat perbukitan. Peserta yang berasal dari berbagai latar belakang keahlian ini dituntut untuk merespon permasalahan dengan memberikan solusi berkelanjutan.

Kegiatan yang dilangsungkan oleh peserta AYPVC adalah penyusunan kurikulum untuk pendidikan pra-sekolah dan pendidikan dasar, waste management workshop bagi komunitas pemuda & masyarakat perbukitan, pembuatan konstruksi pagar dan ruang hijau. Program ini berlangsung atas kerja sama Pemerintah Brunei, ASEAN Secretariat, serta Hearts for Hue. Diharapkan kedepannya para delegasi negara ini mampu menciptakan program pemberdayaan berkelanjutan di masyarakat.*

Rilis / mar

Share this: