Sambut Hari Disabilitas Internasional, Mahasiswa Fikom Unpad Sukses Gelar Acara Siknifitas

Seluruh talent erkolaborasi di akhir acara “Musik dan Seni Kreatif Disabilitas” yang digelar di Saung Angklung Udjo Bandung, Sabtu (6/12) lalu. *

[Unpad.ac.id, 9/12/2014] Dalam rangka memperingati hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada setiap tanggal 3 Desember, Program Studi Kehumasan D-3 Kelas C angkatan 2012 menyelenggarakan kegiatan pagelaran musik yang bertajuk Siknifitas “Musik dan Seni Kreatif Disabilitas”. Acara yang mengangkat tema “Berkualitas Meski Terbatas” ini berlangsung pada Sabtu (6/12) malam di Saung Angklung Udjo, Bandung. Pada acara tersebut para penyandang disabilitas menampilkan bakat dan kreasi mereka dalam bidang seni.

Seluruh talent erkolaborasi di akhir acara “Musik dan Seni Kreatif Disabilitas” yang digelar di Saung Angklung Udjo Bandung, Sabtu (6/12) lalu. *
Seluruh talent erkolaborasi di akhir acara “Musik dan Seni Kreatif Disabilitas” yang digelar di Saung Angklung Udjo Bandung, Sabtu (6/12) lalu. *

Ketua Panitia Siknifitas Resya Novialdi mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk membuka pandangan publik terhadap kaum disabiltas agar tidak dipandang sebelah mata. Acara ini dihadiri pula oleh Ketua Umum Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia sekaligus Kepala Humas Indosiar, Drs. Gufroni sakaril, M.M.

Dalam rilisnya disampaikan bahwa acara tersebut dibuka dengan penampilan Arumba Saung Angklung Udjo yang dilanjutkan dengan penampilan perkusi dari Yayasan Penyandang Anak Cacat (YPAC). Pada kesempatan tersebut, Arumba Saung Angklung Udjo juga berkolaborasi dengan tim angklung SLB Negeri Cicendo yang membawakan lagu “Aku Pasti Bisa” dari Citra Scholastika dan “Jangan Menyerah” dari D’Masiv. Acara itu juga dimeriahkan dengan penampilan empat orang alumni SLB Negeri Cicendo penyandang tuna rungu yang membawakan tari Jaipongan. Tidak hanya itu, murid-murid SLB Negeri Cicendo juga menampilkan atraksi pantomim yang sangat menghibur penonton.

Sementara itu, penampilan Sania, salah satu murid dari YPAC saat menyanyikan lagu Armada yang berjudul “Hargai Aku” berhasil membuat haru seluruh penonton hingga menitikkan air mata. Sedangkan penampilan Zelda Mamamia dan Ira Cristy yang merupakan penyandang tuna netra juga tak kalah membuat haru seluruh pengunjung saat menyanyikan lagu “Bunda” dari Melly Goeslow. Penampilan mereka ini diikuti oleh siswa-siswi SLB Negeri Cicendo dengan bahasa isyarat di belakangnya. Di akhir penutupan acara, seluruh pengisi acara berkolaborasi menyanyikan lagu D’Masiv yang berjudul “Esok Kan Bahagia”.

Pada kesempatan tersebut, seluruh hadirin juga diajak untuk menonton Film Disabilitas oleh Festival Film Disabilitas (FFD) yang membuat para hadirin menjadi tahu bahwa para penyandang disabilitas memperjuangkan hak-haknya untuk mendapatkan ilmu yang sama.

Seusai acara, Direktur Utama Saung Angklung Udjo, Taufik Hidayat Udjo mengapresiasi acara tersebut. “Acara ini sangat menginspirasi saya, saya akan membuat acara seperti ini lagi tetapi akan saya buat lebih besar lagi di tahun 2015. Terima kasih kepada seluruh rekan-rekan mahasiswa Fikom Unpad yang telah membuat acara seperti ini,” ujarnya.

Acara yang merupakan tugas dari mata kuliah Event of PR ini sukses menggalang donasi untuk penyandang disabilitas. Dari hasil penjualan tiket acara ini akan diserahkan untuk beberapa yayasan seperti SLB Negeri Cicendo dan Yayasan Penyandang Anak Cacat (YPAC).*

Rilis oleh: Kehumasan C 2012 Fikom Unpad/mar

Share this: