PT Angkasa Pura II Akan Jalankan Program Beasiswa dan Jaminan Kerja bagi Mahasiswa Unpad

Direktur SDM & Umum PT Angkasa Pura II, RP Hari Cahyono (kiri) dan Wakil Rektor I Unpad, Prof. Engkus Kuswarno (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 11/12/2014] Dalam rangka meningkatkan kualitas institusi, Unpad menjalin kerja sama dengan PT. Angkasa Pura II (Persero). Kerjasama ini difokuskan pada program pemberian beasiswa dan jaminan kerja di lingkungan PT. Angkasa Pura II kepada civitas akademika Unpad.

Direktur SDM & Umum PT Angkasa Pura II, RP Hari Cahyono (kiri) dan Wakil Rektor I Unpad, Prof. Engkus Kuswarno (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Direktur SDM & Umum PT Angkasa Pura II, RP Hari Cahyono (kiri) dan Wakil Rektor I Unpad, Prof. Engkus Kuswarno (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Direktur SDM & Umum PT Angkasa Pura II, RP Hari Cahyono mengatakan, program ini merupakan kali pertama yang dilakukan oleh perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pelayanan jasa kebandarudaraan di wilayah Indonesia Barat tersebut. Unpad sendiri dipilih sebagai PTN pertama yang melakukan kerja sama ini dengan PT Angkasa Pura II.

“Kita melihat banyak alumni Unpad yang bekerja di Angkasa Pura II. Mereka memiliki kualitas dan kelakuan yang baik,” ujar Hari usai pendantanganan Perjanjian Kerjasama dengan Unpad, Kamis (11/12) di Ruang Executive Lounge Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri Bandung. Penandatanganan ini dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, M.S., dengan Hari.

Program ini, menurut Hari, memberikan kesempatan bagi mahasiswa Unpad, khususnya di tingkat akhir, untuk menuntut ilmu dengan baik sekaligus menjadi karyawan di BUMN yang dipimpinnya. Agar menjadi karyawan yang berkualitas, para penerima beasiswa juga diberikan materi mengenai ilmu penerbangan sejak dini.

“Kita tahu, seleksi masuk ke Unpad itu sangatlah sulit. Mereka pasti memiliki berbagai macam saringan yang membuat mereka menjadi yang terbaik,” jelasHari.

Dipilihnya para mahasiswa tingkat akhir sebagai calon penerima beasiswa didasarkan pada keterdesakan kebutuhan akan tenaga ahli di PT. AngkasaPura. Tenaga ahli ini akan dipersiapkan guna mempercepat performa perusahaan. Saat ini, PT. Angkasa Pura II memiliki tugas mengelola sekaligus membangun setidaknya 13 bandara di wilayah Indonesia Barat.

Lebih lanjut ia menjelaskan, guna mempersiapkan tenaga ahli tersebut, pihaknya melakukan rekrutmen secara professional sesuai standar pemerintah. Proses seleksi calon penerima pun diserahkan langsung ke pihak Unpad.

“Kami ingin melakukan pola yang sangat bijak, baik, dan terpelajar.Tidak ada KKN. Segalanya diseleksi oleh lembaga professional dan diseleksi oleh alam,” paparnya.

Untuk tahap pertama, program beasiswa akan ditujukan untuk 20 orang mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Hari menjelaskan, saat ini target utama perusahaannya adalah mempercepat pencapaian revenue di bidangcbisnis.

Meski demikian, pada tahap selanjutnya pihaknya juga akanmembuka peluang beasiswa untuk mahasiswa di fakultas lainnya. “Kita akan bicarakan lagi dengan Unpad, kami akan perdalam sesuai kebutuhan perusahaan,” pungkasnya.

Sementara itu, Prof. Engkus pun menyambut baik kerjasama ini. Hal ini sesuai dengan misi Unpad setelah menjadi PTN BH, meningkatkan kerjasama dengan berbagai stakeholder.

“Secara khusus kita akan undang pula PT Angkasa Pura II untuk mempresentasikan program ini langsung kepada mahasiswa kami. Selainitu, kita harapkan akanterjadi riset bersama pula,” ujar Prof. Engkus.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh

Share this: