Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia (kanan), dan Senior General Manager Telkom CorpU, Dwi Heryanto (Foto oleh: Arief Maulana)*

[Unpad.ac.id, 19/11/2014] Dalam rangka pengembangan institusi, pimpinan universitas dan fakultas di Universitas Padjadjaran mengunjungi Telkom Corporate University (Telkom CorpU), Selasa (18/11) di Jalan Gegerkalong Hilir No. 47, Bandung. Pada kesempatan tersebut, rombongan Unpad diterima oleh Senior General Manager Telkom CorpU, Dwi Heryanto.

Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia (kanan), dan Senior General Manager Telkom CorpU, Dwi Heryanto (Foto oleh: Arief Maulana)*
Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia (kanan), dan Senior General Manager Telkom CorpU, Dwi Heryanto (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Dalam presentasinya, Dwi Heryanto memaparkan, Telkom CorpU merupakan wahana strategis yang dirancang guna mendukung pencapaian misi perusahaan dengan melakukan serangkaian kegiatan dalam memperkuat kemampuan Sumber Daya Manusianya.

Telkom CorpU dibentuk oleh Direktur Utama PT Telkom Indonesia, Arief Yahya, yang juga alumni program Doktor Unpad. Arief yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pariwisata, membentuk Telkom CorpU agar menunjang visi Telkom sebagai Center of Excellence.

“Dalam menjalankan Telkom CorpU, ada kolaborasi antara bisnis, kelimuan, dan government yang mengacu pada konsep megathinking. Konsep yang digagas oleh Arief Yahya ini ternyata diambil dari ilmu yang dipelajari di Unpad,” jelas Dwi.

Ada 3 aspek yang ditargetkan dari Sumber Daya Manusia Telkom CorpU, yaitu menghasilkan pemimpin yang baik (great leader), SDM yang baik (great people), dan memiliki standar yang global. Tiga aspek ini guna mendukung international invasion yang digagas oleh Telkom.

telkomgerlong2Serangkaian kegiatan telah dilakukan oleh Telkom CorpU, mulai dari pelatihan, hingga kerjasama pengembangan Sumber Daya Manusia dengan stakeholder asing. Sehingga, Telkom CorpU kini telah diakui sebagai pusat pelatihan yang berkualitas. “Kita juga sudah menggandeng Telkom University dan Sekolah Bisnis Manajemen ITB sebagai partner nasional kami. Kami ingin 2015, ada logo Unpad dalam partner kami,” ujar Dwi.

Sementara itu, Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia pun merespons berbagai capaian yang diraih Telkom melalui Telkom CorpU. “Kita punya tenaga kependidikan sebanyak 1.649 orang. Kami ingin belajar bagaimana mengembangkan Sumber Daya Manusia di Unpad terutama tenaga kependidikannya,” kata Rektor.

Terkait perubahan status Unpad sebagai PTN BH, Rektor mencermati harus ada manajerial yang baik pada semua aspek, termasuk kualitas SDM-nya. Untuk itu, berbagai training leadership harus dilakukan guna mempersiapkan kualitas SDM yang ada di Unpad.

“Kami ingin bekerja sama juga dengan Telkom CorpU untuk membangun Pusat Pelatihan Pengembangan Karir. Tempatnya sudah ada, dan diharapkan Pusat ini menjadi tempat pelatihan calon pimpinan seluruh universitas di Indonesia,” kata Rektor.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh

 

Share this: