Sebanyak 1.329 Peserta Ikuti Tes Kompetensi Dasar CPNS Kemdikbud di Unpad

[Unpad.ac.id, 7/10/2014] Sebanyak 1.329 peserta mengikuti Tes Kompetensi Dasar CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2014 di Unpad. Tes tersebut dilaksanakan di Laboratorium Komputer Fakultas Kedokteran Unpad, Jatinangor, mulai hari ini, Selasa (7/10) hingga Jumat (10/10) mendatang.

Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia (kiri baju putih) meninjau pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar CPNS Kemdikbud di kampus Unpad, Selasa (7/10). (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia (kiri baju putih), meninjau pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar CPNS Kemdikbud di kampus Unpad, Selasa (7/10). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Hukum, dan Tata Kelola Unpad, Drs. Sudarma, MM., mengatakan bahwa Unpad kembali dipercaya menjadi salah satu Tempat Uji Kompetensi (TUK) karena memenuhi sejumlah syarat.

”Pertama, dari sisi fasilitas siap, Kedua, jaringan yang cukup bagus dimana Unpad juga memiliki bandwith yang cukup tinggi. Ketiga, juga kesigapan teman-teman SDM yang mengelola kepegawaian dan para pimpinan Unpad sangat mendorong supaya ini terselenggara dengan baik . Dan yang lebih penting lagi adalah komitmen untuk bisa terselenggara seleksi yang sekarang ini dengan baik. Itu menjadi salah satu modal yang dimiliki Unpad,” jelas Sudarma.

tescpns2014b tescpns2014cPelaksanaan TKD kali ini secara online, yakni dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), meliputi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Inteligensia Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi. Sudarma mengungkapkan, pemberian materi soal dan penilaian tes kali ini dilakukan langsung oleh pusat, yakni dari Panitia Seleksi Nasional.

Pengumuman kelulusan akan dilakukan melalui website Kemdikbud dan Unpad, diperkirakan pada awal November mendatang. Meski demikian, peserta dapat langsung mengetahui nilai yang mereka peroleh tidak lama setelah tes dilakukan. “Tapi belum tahu lulus atau tidaknya,” ujar Sudarma.

Para peserta yang mengikuti tes di Unpad, merupakan pelamar CPNS untuk sejumlah instasi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada setiap TUK, telah ditunjuk 1 administrator dan 1 pengawas untuk kelancaran pelaksanaan ujian. Selain itu, juga disiapkan pembantu pengawas, dengan rasio 1 orang untuk 20 peserta.

Adapun untuk pelamar ke Unpad sendiri adalah sebanyak 436 peserta untuk formasi 107 orang. Formasi lowongan yang dibuka Unpad tersebut terdiri dari 95 dosen untuk sejumlah program studi, dan 12 tenaga kesehatan untuk ditempatkan di Rumah Sakit Pendidikan dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unpad.

Sudarma mengungkapkan, peserta yang dinyatakan lulus TKD ini, diharuskan mengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB) di masing-masing institusi yang dilamar peserta. “Jadi masih ada beberapa tahap yang harus dilalui oleh para peserta,” ungkap Sudarma.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh *

Share this: