Unpad Terima 16 Mahasiswa Program “Permata” dari Unhas dan USU

Pimpinan Unpad berfoto dengan para mahasiswa peserta program "Permata" dari Universitas Hasanuddin Makassar dan Universitas Sumatera Utara di lobi Gedung Rektorat Unpad Jatinangor. (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 5/09/2014] Universitas Padjadjaran menerima 16 mahasiswa program “Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (Permata)” angkatan pertama dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Makasar dan Universitas Sumatera Utara (USU), Medan. Mereka akan mengikuti perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2014/2015 selama satu semester di Unpad.

Pimpinan Unpad berfoto dengan para mahasiswa peserta program "Permata" dari Universitas Hasanuddin Makassar dan Universitas Sumatera Utara di lobi Gedung Rektorat Unpad Jatinangor. (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Pimpinan Unpad berfoto dengan para mahasiswa peserta program “Permata” dari Universitas Hasanuddin Makassar dan Universitas Sumatera Utara di lobi Gedung Rektorat Unpad Jatinangor. (Foto oleh: Arief Maulana)*

Mahasiswa tersebut diterima secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Engkus Kuswarno, M.S., Kepala Biro Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dr. Isis Ikhwansyah, S.H., M.H., CN., Kabag Kemahasiswaan Dadang Abdurrahim, S.H., Kabag Pembelajaran dan Registrasi, Dra. Heni Suryaningsih, M.I.Kom., serta Wakil Dekan I Faperta dan Koprodi Ilmu Hukum FK Unpad, Jumat (5/09) di Ruang Rapat Rektor Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor.

Dalam sambutannya, Prof. Engkus mengharapkan para mahasiswa dapat menempuh studinya dengan baik di Unpad. Sesuai kalender akademik, Unpad sendiri telah melaksanakan kegiatan perkuliahan Semester Ganjil TA 2014/2015 pada 25 Agustus lalu.

“Jangan sampai kemudian juga tertunda mengikuti perkuliahan untuk mencapai 80%. Kami cukup ketat dengan aturan,” kata Prof. Engkus.

Lebih lanjut Prof. Engkus pun mengharapkan para mahasiswa dapat memahami mekanisme pembelajaran di Unpad. Nantinya, mereka akan memaparkan pengalamannya kepada prodi dan pimpinan PTN asal tentang apa yang diperoleh dan tidak diperoleh di Unpad. Pengalaman ini akan menjadi masukan yang positif bagi Unpad, USU dan Unhas.

Selain itu, para mahasiswa pun tentunya akan mendapatkan pengalaman yang berbeda ketika menempuh studi di Unpad. Menurut Prof. Engkus, pengalaman ini akan menjadi komparasi pembelajaran yang baik dan berbeda.

“Tentunya dengan pembelajaran yang bertukar perguruan tinggi juga bisa sambil melengkapi kurikulum,” tambahnya.

Oleh karena itu, Prof. Engkus menyilakan para mahasiswa untuk tidak segan memberikan komentar/kritik untuk melakukan perbaikan terhadap proses pembelajaran di Unpad. Mengacu pada kurikulum di Unpad yang kini berbasis Student Center Learning (SCL), mahasiswa dapat lebih proaktif di dalam proses pembelajaran.

Usai diterima secara resmi, mahasiswa pun melakukan registrasi administratif di Ruang Layanan Terpadu Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor untuk mendapatkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

Unpad sendiri telah mengikutsertakan 11 mahasiswanya pada program Permata ke USU dan Unhas. Sebelas mahasiswa tersbeut telah diberangkatkan pada Kamis (04/09) kemarin dan akan mengikuti perkuliahan di Fakultas Hukum, dan Fakultas Pertanian USU, serta Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas.

Adapun nama mahasiswa peserta program “Permata” yang mengikuti kuliah di Unpad adalah:

  1. Khusnul Khatimah (Unhas) ke FPIK Unpad
  2. Nasdwiana (Unhas) ke FPIK Unpad
  3. Turissa Pragunanti (Unhas) ke FPIK Unpad
  4. Adi Zulkarnaen (Unhas) ke FPIK Unpad
  5. Awaluddin (Unhas) ke FPIK Unpad
  6. Muhammad Nur Ukasyah (Unhas) ke FH Unpad
  7. M. Fairuz A.S (Unhas) ke FH Unpad
  8. Irsalina Julia Ermin (Unhas) ke FH Unpad
  9. Randa Morgan Tarigan (USU) ke FH Unpad
  10. Hadismar Anwar Lubis (USU) ke FH Unpad
  11. Melva Mega Nanda (USU) ke FH Unpad
  12. <onica Yunita (USU) ke Faperta Unpad
  13. Irwan Lesmana Bastari Daulay (USU) ke Faperta Unpad
  14. Gustiyansyah Ilham Firdaus (USU) ke Faperta Unpad
  15. Sindy Hira Andayana Nasution (USU) ke FK Unpad
  16. Doni Fitra Yogi (USU) ke FK Unpad.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh

Share this: