Sejumlah Rektor Perguruan Tinggi dari Swedia Jajaki Kerja Sama dengan Unpad

[Unpad.ac.id, 25/09/2014] Upaya pengembangan kerja sama Unpad dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri semakin hari semakin meningkat. Rabu (24/09) kemarin, beberapa orang rektor dan perwakilan universitas terkemuka di Swedia mengunjungi kampus Unpad dalam rangka pengembangan kerja sama tersebut.

Foto bersama perwakilan perguruan tinggi dari Swedia dan perwakilan Unpad di Executive Lounge Gedung 2 Unpad, Jl. Dipati Ukur 35 Bandung *
Foto bersama perwakilan perguruan tinggi dari Swedia dan perwakilan Unpad di Executive Lounge Gedung 2 Unpad, Jl. Dipati Ukur 35 Bandung *

Mereka adalah President Lund University Prof. Per Eriksson, President KTH Royal Institute of Technology Prof. Peter Gudmundson, Management Support Chalmers University of Technology Ms. Erika Hansson, Regional Manager Asia Lund University Mr. Henrik Hofvendahl, Vice-Chancellor’s Advisor on International Affairs Uppsala University Prof. Leif A. Kirsebom, Pro Vice-Chancellor University of Skövde Ass. Prof. Lena Mårtensson, Educational Information Officer Uppsala University Ms. Jorja Scholes, School of Global Studies University of Gothenburg Ass. Prof. Marie Thynell, Firts Vice President Chalmers University of Technology Prof. Mats Viberg, Deputy Vice-Chancellor Linköping University Prof. Peter Värbrand. Mereka didampingi oleh tim dari the Swedish Foundation for International Cooperation in Research and Higher Education (STINT) dibawah pimpinan Dr. Andreas Goethenberg selaku Executive Director dan perwakilan Kedubes Swedia di Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerja Sama Unpad Dr. med. Setiawan, dr., menerima kunjungan rombongan dari Swedia tersebut di Executive Lounge Gedung 2 Unpad, Jl. Dipati Ukur 35 Bandung. Pada kesempatan tersebut hadir pula Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Nury Effendi, S.E., M.A., Ph.D, Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Dra. Mudiyati Rahamtunnisa, M.A., PhD, Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK), Dr. Suryani, SKp. MHSc. Selain itu, hadir pula Koordinator Kerja Sama Fakultas Farmasi, Fakultas Peternakan (Fapet), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dan Fakultas Psikologi serta UPT Kerja Sama Unpad.

Dr. Setiawan menyebutkan bahwa dalam pertemuan tersebut, diperoleh inventarisasi rencana kerja sama dengan berbagai fakultas di Unpad. Kerja sama tersebut antara lain dalam bentuk studi lanjut, mobilitas akademik, riset dan seminar bersama, pertukaran mahasiswa, program kuliah musim panas, program bahasa dan kebudayaan.

Follow up kongkret akan dilakukan oleh UPT Kerja Sama dengan mengoordinasikan rencana nyata dari Koordinator Kerja Sama Fakultas dengan menghubungi international office universitas yang dituju,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan dari STINT mengatakan bahwa Unpad merupakan universitas yang paling aktif melakukan kerja sama dengan Swedia dibandingkan dengan universitas terkemuka lainnya di Indonesia. Hal inilah yang mendasari mengapa Unpad dikunjungi oleh para rektor universitas terkemuka tersebut.

Selain itu, pada pertemuan tersebut terungkap bahwa fasilitasi kerja sama ini dapat diperoleh dari dana pemerintah Indonesia, STINT serta lembaga lain di Swedia. Tidak hanya itu, ada juga peluang pendanaan dari perusahaan-perusahaan Swedia terkemuka yang ada di Indonesia sebagai bentuk tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR).*

Laporan oleh: Marlia

Share this: