Promosikan Pendidikan Tinggi di Indonesia, Unpad Ikuti Pameran Pendidikan di Kairo Mesir

[Unpad.ac.id, 19/09/2014] Dalam rangka mengembangkan kerja sama dan memperkenalkan Universitas Padjadjaran kepada masyarakat Mesir, mulai Kamis (18/9) hingga Sabtu (20/9), Unpad mengikuti Yalla Indonesia 2014 di Kairo, Mesir, yang digelar oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Mesir bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemdikbud) RI. Rabu (17/9) malam waktu setempat, Duta Besar RI untuk Mesir, Komjen Pol (Purn) Drs. Nurfaizi Suwandi, MM, resmi membuka perhelatan tersebut di Aida Ballroom Hotel JW Marriot, Kairo, Mesir.

*
Kkiri-kanan: Wagub Sumatera Selatan Ir. H. Ishak Mekki, Duta Besar RI untuk Mesir, Komjen Pol (Purn) Drs. Nurfaizi Suwandi, MM, Asmenlu Luar Negeri Urusan Asia Kementerian Luar Negeri Mesir, Ahmed Ismail saat pembukaan Yalla Indonesia di Kairo Mesir, Rabu (17/9) *

“Yalla Indonesia yang bermakna Let’s Go Indonesia ini diselenggarakan dalam rangka peringatan kemerdekaan RI yang ke-69 dan sekaligus peringatan 67 tahun kerja sama Indonesia dan Mesir,” tutur Nurfaiz dihadapan para undangan yang terdiri dari pejabat Kementerian Pendidikan Tinggi Mesir, para duta besar negara sahabat, pimpinan universitas di Mesir dan Indonesia, perwakilan Kemdikbud RI, perwakilan pimpinan daerah provinsi di Indonesia, para pengusaha Mesir dan Indonesia serta para seniman Indonesia. Pembukaan tersebut juga ditandai dengan membunyikan angklung, pemotongan tumpeng dan dimeriahkan dengan pertunjukan seni.

Yalla Indonesia 2014 ini menampilkan berbagai kegiatan yang meliputi Joint Working Group on Higher Education Egypt-Indonesia (JWG-HEEI) & Education Expo, Pameran Produk (Trade Expo) yang memamerkan foto-foto, lukisan dan kaligrafi, Bazzar Kuliner, Panggung Gembira yang diisi dengan penampilan tarian Indonesia dan peragaan busana. Tidak hanya itu, pada kegiatan tersebut juga digelar Workshop Indonesian Coffee Culture serta Gelar Budaya Indonesia Perdana di Cairo Opera House. Semua kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kerja sama Indonesia dan Mesir dalam bidang pendidikan, budaya dan ekonomi.

IMG_2492Pada kesempatan tersebut, delegasi dari Unpad dipimpin langsung oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerja Sama Dr. med. Setiawan, dr., Kepala UPT Kerja Sama Anne Nurbaity, SP.,MP.,Ph.D., Kepala UPT Humas Dr. Soni Akhmad Nulhaqim, S.Sos., MSi., Koordinator Kerja Sama Fakultas Farmasi Rizky Abdulah, Ph.D., Apt., Dosen Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Prof. Dr. Hj. Nurpilihan Bafdal, Ir., M. Sc., dan Dosen Fakultas Ilmu Budaya Drs. Abu Sufyan M.Hum.

Berkenaan dengan keikutsertaan Unpad dalam kegiatan Yalla Indonesia 2014 ini, Dr. Setiawan mengharapkan Fakultas dan Program Studi di Unpad serta karya civitasnya menjadi lebih familiar bagi masyarakat Mesir dan terjalin kerja sama baik dalam pendidikan maupun penelitian antara Unpad dan beberapa perguruan tinggi di Mesir.

IMG_2466Selain Unpad, kegiatan ini juga diikuti oleh 15 perguruan tinggi negeri dan swasta lainnya di Indonesia, yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Tadulako (Untad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Politeknik Negeri Pontianak (Polnep), Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Bhayangkara (Ubhara), Universitas Muhammadiyah (UM) Palembang, Universitas Muhammadiyah (UM) Surakarta, Telkom University dan Universitas Komputer Indonesia (Unikom).*

Laporan oleh: Soni A. Nulhaqim/mar

Share this: