[Unpad.ac.id, 6/08/2014] Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, meresmikan gedung Pascasarjana Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad. Peresmian tersebut dilakukan pada Rabu (6/08) di depan pintu masuk timur gedung Pascasarjana Fikom Unpad Kampus Jatinangor, melalui penandatanganan batu prasasti oleh Rektor Unpad.

Rektor Unpad saat menandatangani batu prasasti peresmian Gedung Pascasarjana Fikom Unpad di Jatinangor, Rabu (6/08). (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Rektor Unpad saat menandatangani batu prasasti peresmian Gedung Pascasarjana Fikom Unpad di Jatinangor, Rabu (6/08). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Peresmian yang dilakukan di sela-sela kegiatan halal bihalal civitas akademika Fikom Unpad tersebut disaksikan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. Engkus Kuswarno, M.S., Dekan Fikom Unpad, Prof. Deddy Mulyana, M.A., serta pimpinan, civitas akademika, alumni Fikom Unpad, dan tamu undangan. Turut hadir beberapa tokoh masyarakat, seperti Soegeng Sarjadi, yang juga merupakan Alumni Fakultas Publisistik (kini Fikom) Unpad.

Usai penandatanganan prasasti dan gunting pita, Rektor bersama rombongan pun meninjau gedung yang pembangunannya rampung pada 2013 lalu. Salah satu yang dikunjungi adalah ruang auditorium yang terletak di lantai 1. Ruang ini rencananya akan digunakan untuk kegiatan ilmiah, seperti seminar atau diskusi. Ruangan ini berkapasitas sekitar 250 orang dan dilengkapi dengan interior dan perlatan audio visual yang modern.

fikom1 web_Fikom2Secara struktur, gedung ini memiliki 4 lantai dan dibangun di atas tanah yang berkontur miring. Gedung ini juga memiliki 2 pintu masuk, yakni satu pintu di sebelah Timur dan satu pintu di sebelah Barat.

Meskipun menjadi gedung Pascasarjana, gedung tidak hanya menjadi aktivitas perkuliahan dan administrasi bagi Pascasarjana Fikom Unpad. Gedung ini juga menjadi pendukung kegiatan perkuliahan bagi program Diploma dan Sarjana, seperti laboratorium, perpustakaan yang berkonsep lebih modern, dan ruang kuliah.

Adapun laboratorium yang terdapat di gedung ini diantaranya, lab grafika, lab newsroom, lab radio, lab Public Relations, lab fotografi, lab CMC, lab televisi, dan lab perpustakaan.  Selain auditorium, gedung ini juga memiliki ruangan serbaguna yang dapat menampung sekitar 150 orang, serta amphiteater terbuka berbentuk setengah lingkaran yang terletak di sebelah gedung.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh *

Share this: