Empat Dosen Unpad Raih Anugerah Inovasi dan Prakarsa Jabar 2014

Logo Unpad *

[Unpad.ac.id, 14/08/2014] Empat dosen Unpad berhasil menjadi pemenang Anugerah Inovasi dan Prakarsa Jawa Barat 2014. Mereka adalah Dr.Sc.Agr. Agung Karuniawan (Fakultas Pertanian), Ir. Mimin Muhaemin, M.Eng., Ph.D. (Fakultas Teknologi dan Industri Pertanian), Dr. Tomy Perdana, SP., MM (Fakultas Pertanian) dan Dr. Dwi Purnomo STP., MT (Fakultas Teknologi dan Industri Pertanian). Para pemenang diumumkan Rabu (13/8) kemarin di laman http://jabarprov.go.id/index.php/pages/id/1356.

Logo Unpad *
Logo Unpad *

Dalam kompetisi tersebut, dari 10 orang yang diumumkan sebagai pemenang untuk kategori Inovasi,  tiga dosen Unpad berhasil masuk diantaranya. Ketiga dosen tersebut yaitu Dr. Agung Karuniawan, Mimin Muhaemin, Ph.D dan Dr. Tomy Perdana. Sementara itu, Dr. Dwi Purnomo menjadi salah satu pemenang dari lima orang pemenang kategori Prakarsa.

Pada kategori Inovasi, Dr. Agung Karuniawan memperoleh apresiasi sebagai pemenang dengan tema Pangan melalui karyanya yang berjudul “Pengembangan Ubi Jalar Varietas Unggul Baru untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Ubi Jalar Jawa Barat”. Sementara itu, Mimin Muhaemin, Ph.D, dengan tema Infrastruktur melalui karyanya yang berjudul “Sasak Apung Padjadjaran untuk Alat Transportasi Sarana Produksi dan Hasil Pertanian” dan Dr. Tomy Perdana dengan tema Rekayasa Sosial melalui karyanya yang berjudul “Rekayasa Inovasi Kelembagaan dan Teknologi Berbasis Pasar dalam Pengembangan Rantai Pasok Sayuran”.

Sementara itu, pada kategori Prakarsa, Dr. Dwi Purnomo memperoleh apresiasi sebagai pemenang dengan tema Pangan melalui karyanya yang berjudul “The Fruters Model: Model Pemberdayaan Berbasis Technopreneurship”.

Anugerah Inovasi dan Prakarsa Jawa Barat adalah penghargaan tahunan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Penyelenggaraan kali ini adalah kali ke-4 yang mengangkat tema Lingkungan dan Kesejahteraan Masyarakat. Penghargaan ini merupakan apresiasi, pengakuan kepada masyarakat, baik perorangan maupun kelompok yang telah menghasilkan karya inovatif, prakarsa dan atau melakukan upaya luar biasa yang nyata serta menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan Jawa Barat.

Para peserta Anugerah Inovasi dan Prakarsa Jawa Barat ini sebelumnya mengikuti tiga tahapan seleksi yaitu, seleksi formulir, pemaparan dan wawancara serta tinjauan lapangan. Para peserta yang berhasil menjadi pemenang akan mendapat piagam, piala dan uang tunai dari Gubernur Jawa Barat. Pemberian penghargaan ini direncanakan akan disampaikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat pada Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Barat pada Selasa (19/8) mendatang. *

Laporan oleh: Marlia / eh *

Share this: