Dharma Wanita Persatuan Unpad Berikan Beasiswa pada 14 Siswa di Jatinangor

[Unpad.ac.id, 22/08/2014] Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unpad memberikan beasiswa kepada 12 siswa Sekolah Menengah Pertama dan 2 orang Siswa Menengah Atas serta 40 setel seragam sekolah untuk anak Sekolah Dasar di kawasan Jatinangor, Kamis (15/08) lalu. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Bidang Sosial Budaya DWP Unpad.

Dharma Wanita Persatuan Unpad berfoto bersama dengan para penerima beasiswa *
Dharma Wanita Persatuan Unpad berfoto bersama dengan para guru sekolah dan penerima beasiswa *

Ketua Bidang Sosial Budaya DWP Unpad, Sumartini Dadang Suganda mengatakan, pemberian beasiswa ini merupakan salah satu wujud kepedulian DWP Unpad kepada masyarakat di sekitar kampus Unpad Jatinangor. “Melalui beasiswa ini, kami sekaligus juga menitipkan Unpad kepada masyarakat Jatinangor,” ujar Sumartini saat diwawancarai Humas Unpad.

Ada beberapa siswa sekolah/madrasah yang diberikan beasiswa oleh DWP Unpad, yaitu MTs Al Falah Cileles Kecamatan Jatinangor, MTs As Sa’adah Mekarsasi Kecamatan Sukasari, SMPN Jatinangor, serta MA As Sa’adah Mekarsasi Kecamatan Sukasari. Siswa yang diberi beasiswa merupakan siswa yang baru masuk ke sekolah tersebut.

Untuk seragam sekolah, DWP Unpad memberikan kepada 40 siswa kelas 3 dan 4 di MI Raudatul Muta’allimin Cilayung Kecamatan Jatinangor.

“Rata-rata setiap siswa mendapat sekitar Rp700.000. Untuk siswa MA, beasiswa diberikan sekitar satu juta rupiah,” tutur Sumartini.

Pemberian beasiswa ini diberikan langsung oleh Ketua DWP Unpad, Yatty Ganjar Kurnia, di hadapan pengurus sekolah, orang tua penerima beasiswa, serta aparatur desa.

Labih lanjut Sumartini menjelaskan, beasiswa yang berasal dana kas DWP Unpad ini diberikan kepada para siswa yang memiliki kemampuan akademik tapi orang tuanya tidak mampu. Agar tepat sasaran, pihaknya pun melakukan survei secara terprogram dengan terlebih dahulu meminta referensi dari pihak sekolah.

“Para orang tua penerima beasiswa mengaku, uang pangkal masuk sekolah itu sangat berat,” kata Sumartini.

Dengan pemberian beasiswa dan bakti sosial ini, Suamrtini berharap para siswa dapat menambah semangat belajar agar dapat berprestasi dan lulus dengan baik. “Kegiatan ini juga diharapkan dapat ditingkatkan lagi baik secara kualitatif maupun kuantitaif,” kata Sumartini.

Sementara Ketua DWP Unpad, Yatty Ganjar Kurnia, berpesan kepada para penerima beasiswa untuk memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya. “Tiada hari tanpa belajar. Capailah prestasi setinggi-tingginya dan jangan sia-siakan kesempatan ini,” ujar Yatty. *

Laporan oleh: Arief Maulana / eh *

Share this: