Abaikan Saja Jika Ada Instruksi Pengumpulan Mahasiswa Baru Sebelum Prosesi PMB Unpad

Logo Unpad *

[Unpad.ac.id, 13/08/2014] Sehubungan dengan banyaknya pertanyaan dari mahasiswa baru mengenai kegiatan pengumpulan mahasiswa baru di beberapa fakultas sebelum kegiatan Prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), Senin (18/8) mendatang, Ketua PMB Unpad 2014, Dr. Drs. H. R. Dudy Heryadi, M.Si., mengingatkan bahwa pihak universitas telah melarang kegiatan pengumpulan maba tersebut sehingga bukan merupakan tanggung jawab pimpinan universitas.

Logo Unpad *
Logo Unpad *

Hal tersebut mengacu pada Surat Edaran yang ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad atas nama Rektor dengan No.  39493/UN6.WRI/TU/2014 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru di Lingkungan Universitas Padjadjaran Tahun 2014 poin 2 yang tertulis “Dilarang mengumpulkan mahasiswa baru sampai dengan pelaksanaan Prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru”. “Oleh karena itu bila ada kegiatan tersebut, silakan diabaikan saja,” ujar Dr. Dudy.

Hingga saat ini, ada beberapa fakultas yang dilaporkan telah atau akan mengadakan kegiatan tersebut dengan dalih Pendataan Informasi bagi Mahasiswa Baru. Kegiatan tersebut ada yang berlangsung pada saat registrasi administrasi dan bertepatan dengan kegiatan silaturahmi orang tua mahasiswa baru (open house) nanti. Khusus untuk kegiatan Open House, yang wajib mengikuti kegiatan tersebut adalah orang tua atau wali mahasiswa baru saja.

Terkait dengan kegiatan penerimaan mahasiwa baru, Dr. Dudy menyampaikan bahwa pelaksanaan PMB tingkat universitas akan dilaksanakan pada Senin (18/8), kegiatan Student Day akan dilaksanakan pada Selasa (19/8) bertempat di Stadion Jati Padjadjaran, kampus Unpad, Jatinangor. Sedangkan pada Rabu-Jumat (20-22/8) akan diselenggarakan PMB tingkat fakultas yang akan berlangsung di fakultas masing-masing. Informasi terkait PMB juga dapat dibaca di laman https://www.unpad.ac.id/pmb-2014/ yang akan diperbarui secara terus menerus hingga masa PMB usai.

Sehubungan dengan prosesi PMB tingkat universitas yang akan berlangsung pada 18 Agustus nanti, Dr. Dudy mengatakan bahwa tugas-tugas bagi mahasiswa baru yang disampaikan di laman https://www.unpad.ac.id/pmb-2014/ ini diwajibkan untuk mahasiswa baru tingkat Diploma (D3 dan D4) dan Sarjana (S1). Untuk mahasiswa baru diluar jenjang tersebut, Dr. Dudy mengatakan bahwa mereka boleh saja ikut menyumbang buku dan beras yang akan dikumpulkan pada masa prosesi tersebut. Pada masa prosesi tersebut, mahasiswa baru Pascasarjana menggunakan baju bebas dan jas almamater.

“Mereka akan ditempatkan di depan, tidak bersama dengan mahasiswa baru Diploma dan S1, dan akan mengikuti prosesi PMB tingkat universitas saja, tidak mengikuti kegiatan mahasiswa pada siangnya dan Student Day keesokan harinya,” pungkasnya.

Laporan oleh: Marlia / eh *

Share this: