Sebanyak 133 Kelompok dari 6 Kampus Ikuti Monev PKM di Unpad

Pembukaan Monitoring & Evaluasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang Ditjen Dikti Tahun 2014 di Bale Sawala Unpad Jatinangor, Kamis (10/07). (Foto oleh: Arief Maulana)*

[Unpad.ac.id, 10/07/2014] Sebanyak 133 kelompok dari 6 perguruan tinggi di Jawa Barat mengikuti Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang Ditjen Dikti Tahun 2014 yang digelar di Unpad. Mereka merupakan peserta PKM 5 Bidang yang proposalnya lolos didanai oleh Dikti. Dari jumlah tersebut, 112 diantaranya merupakan peserta dari Unpad.

Pembukaan Monitoring & Evaluasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang Ditjen Dikti Tahun 2014 di Bale Sawala Unpad Jatinangor, Kamis (10/07). (Foto oleh: Arief Maulana)*
Pembukaan Monitoring & Evaluasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang Ditjen Dikti Tahun 2014 di Bale Sawala Unpad Jatinangor, Kamis (10/07). (Foto oleh: Arief Maulana)*

Selain dari Unpad, peserta yang mengikuti Monev di kampus Unpad kali ini yaitu dari Universitas Jenderal Achmad Yani sebanyak 12 kelompok, Sekolah Tinggi Teknologi Garut sebanyak 4 kelompok, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani sebanyak 3 kelompok, Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung sebanyak 1 kelompok, dan Universitas Garut sebanyak 1 kelompok.

Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai hari ini, Kamis (10/07) hingga Sabtu (12/07) mendatang. Pembukaan Monev di Unpad ini dilakukan oleh Ketua Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad, Dr. Ir. Heryawan Kemal Mustafa, M.Sc di Bale Sawala, Unpad, Jatinangor, Kamis (10/07).

Dalam sambutannya, Dr. Heryawan berharap agar peserta dapat memanfaatkan momen ini untuk berdiskusi baik itu dengan sesama peserta, dosen pembimbing, dan juga dengan para reviewer dari Dikti. “Selamat berdiskusi. Mudah-mudahan apa yang kita inginkan dan harapkan,sesuai dengan tujuan kita bisa tercapai dengan melakukan kegiatan ini sebaik-baiknya,” tuturnya.

Berindak sebagai reviewer kali ini adalah Dr. Usman Ahmad, M.Agr dan Ir. Agustin Widya Gunawan, M.S. Dalam pelaksanaan Monev, para peserta diharuskan untuk melakukan presentasi di hadapan reviewer. Pelaksanaan presentasi dibagi kedalam dua tempat, yakni di Bale Rucita dan Ruang Rapat Bersama Lantai 1, Gedung Rektorat Unpad, kampus Jatinangor.

web_PKM-Utama
Salah satu kelompok sedang mempresentasikan karya mereka di Bale Rucita Unpad Jatinangor *

“Apa yang akan kita lihat disini adalah input, proses, dan output sesuai dengan yang Anda usulkan dalam proposal dan telah disetujui oleh Dikti untuk didanai,” tutur Dr. Usman dihadapan para peserta. Pada Monev, reviewer akan menilai apa saja yang sudah peserta lakukan sesuai dengan proposal yang diajukan, untuk kemudian dilaporkan ke Dikti dan selanjutnya ditentukan siapa saja yang berhak maju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Usman mengungkapkan bahwa Monev merupakan salah satu tahapan penjaringan menuju Pimnas tahun ini. “Peluang Anda cukup ketat. Tahun ini ada 7300 kelompok memperebutkan sekitar 400 tiket ke Pimnas,” tuturnya.

Ditemui di sela acara, Kepala Bagian Kemahasiswaan Unpad, Dadang Abdurahim, SH. mengungkapkan bahwa pada tahun ini, dari sekitar 500 proposal yang diajukan Unpad, 112 diantaranya berhasil lolos untuk didanai Dikti. Hal ini menunjukkan peningkatan dimana tahun lalu hanya 93 kelompok yang berhasi didanai. Dengan demikian, tahun ini diharapkan akan lebih banyak lagi peserta yang lolos maju ke Pimnas dibandingkan tahun lalu.

“Mudah-mudahan bisa banyak yang lolos ke Pimnas dari Unpad sesuai target yang diharapkan, dan karena mereka juga persiapannya sudah cukup matang untuk kegiatan Monev ini, mudah-mudahan hasilnya bisa lebih maksimal,” harap Dadang.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh *

Share this: