Vidia Afina dan Kindi Farabi Raih Perunggu Bidang Kimia di Olimpiade Nasional MIPA PT

Vidia Afina Nuraini dan Kindi Farabi (Foto oleh: Dadan T.)*

[Unpad.ac.id, 10/06/2014] Dua mahasiswa Unpad, Vidia Afina Nuraini dan Kindi Farabi berhasil meraih medali perunggu pada  Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON-MIPA PT) Tahun 2014 yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti). Seleksi tingkat nasional tersebut dilaksanakan pada 21-25 Mei 2014 lalu di Semarang. Pada kompetisi tersebut, medali perunggu diraih dua mahasiswa program studi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpad tersebut untuk Bidang Kimia.

Vidia Afina Nuraini dan Kindi Farabi (Foto oleh: Dadan T.)*
Vidia Afina Nuraini dan Kindi Farabi (Foto oleh: Dadan T.)*

ON-MIPA PT dilaksanakan untuk  empat bidang kompetisi, yakni Matematika, Kimia, Biologi, dan Fisika. Sebelumnya, kompetisi tingkat wilayah dilaksanakan serentak pada 21-22 April 2014 lalu. Unpad sendiri meloloskan tiga mahasiswa untuk mengikuti seleksi tingkat nasional untuk Bidang Kimia.

Mengikuti olimpiade kimia merupakan pengalaman baru bagi Kindi. Ia mengaku bangga dapat membawa nama baik Unpad di kompetisi ini. “Bangga lah, baru pertama ikutan. Enggak menyangka juga. Soal lumayan sulit. Saingannya lumayan,” ujar Kindi saat ditemui di Ruang UPT Humas, Gedung Rektorat Unpad, kampus Jatinangor, Senin (9/06).

Berbeda dengan Kindi, ini merupakan kali kedua bagi Vidia membawa pulang medali perunggu pada kompetisi ON-MIPA PT. Meski demikian, tahun ini ada peningkatan prestasi bagi Vidya dari segi peringkat. Tahun lalu, Vidia berada di peringkat 19, sementara tahun ini ia berada di posisi ke-13.

“Tahun kemarin kan pernah ikutan, harapannya tahun sekarang lebih meningkat lagi prestasinya. Targetnya dapat perak atau emas, tahun kemarin kan dapat perunggu. Tapi tahun ini ada peningkatan dari tahun kemarin. Tahun ini sebagai peraih perunggu ketiga,” ungkap Vidia.

Pada kompetisi tersebut, para peserta diminta untuk mengisi sejumlah soal esai untuk empat bidang soal, yakni Kimia Organik, Kimia Fisik, Kimia Anorganik, dan Kimia Organik. “Setiap soal ada bobotnya masing-masing. Setiap soal juga tingkat kesulitannya berbeda,” ujar Kindi.

Sebagai persiapan untuk mengikuti kompetisi ini, keduanya mengaku mendapatkan bimbingan khusus dari para dosen Kimia Unpad. Kindi dan Vidia, bersama para peserta lain dari Unpad melakukan persiapan dengan belajar bersama dan berlatih mengerjakan soal-soal, dengan dibimbing oleh para dosen sesuai dengan bidang kepakarannya masing-masing. Selain itu, keduanya mengaku banyak membaca dan belajar, terutama terkait materi yang belum dipeajari mereka di perkuliahan.

“Belajar kimia yang pertama harus tahu konsep dulu. Walaupun enggak hapal, tapi tahu prinsipnya itu apa. Selanjutnya yang paling banyak latihan soal supaya bisa. Kalau enggak dilatih nanti kaku,” pesan Kindi.

Dengan diraihnya prestasi ini, Kindi dan Vidia berharap kedepannya akan ada lebih banyak mahasiswa Unpad yang meraih prestasi dan akan lebih baik lagi. “Saya pribadi juga akan share ilmu saya ini ke yang lain,” tutur Vidia.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh *

Share this: