[Unpad.ac.id, 19/05/2014] Sebanyak 74 mahasiswa Unpad mengikuti Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) yang digelar di Padepokan Karang Tumaritis, Lembang. Kegiatan digelar oleh Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (LPKA) Unpad bekerja sama dengan BEM Kema Unpad pada  Jumat (16/05) hingga Minggu (18/05) lalu.


(Foto-foto oleh: Arief Maulana & Artanti H)

Latihan keterampilan ini dibuka oleh Ketua Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni, Dr. Ir. Heryawan Kemal Mustafa, M.Sc. “Mudah-mudahan kalian betul-betul hadir karena keinginan sendiri untuk mencari ilmu, dan yang paling penting adalah bisa bersosialisasi dengan berbagai lingkungan,” tuturnya di hadapan para peserta.

Dalam sambutannya, Dr. Heryawan juga menekankan kepada para peserta agar selain aktif  berkegiatan di organisasi kemahasiswaan, para peserta juga jangan sampai lupa pada kewajiban utama, yakni menyelesaikan studinya.

Ditemui di sela-sela kegiatan, Koordinator Pusat Kemahasiswaan LPKA Unpad, Dr. H. R. Dudy Heryadi, M.Si. mengatakan bahwa LKMM yang kali ini digelar merupakan LKMM tingkat menengah dengan peserta adalah mahasiswa yang berpotensi menjadi pemimpin. Pelaksanaan LKMM dari LPKA ini kemudian disinergikan dengan pelaksanaan School of Leader (SOL) yang rutin digelar oleh BEM Kema.

Peserta yang mengikuti LKMM ini terdiri dari perwakilan organisasi kemahasiswaan di tingkat universitas dan fakultas, yaitu BEM, BPM, dan UKM. “Dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan dunia kemahasiswaan khususnya di Unpad bisa semakin semarak, bisa semakin positif untuk menunjang kehidupan para mahaisswa di masa yang akan datang. Jadi diharapkan bisa menghasilkan calon-calon pimpinan yang akan berkiprah di masa yang akan datang,” harap Dr. Dudy.

Adapun materi yang disampaikan pada pelatihan ini diantaranya terkait pengembangan diri, kepemimpinan, dan organisasi kemahasiswaan. Bertindak sebagai fasilitator adalah sejumlah dosen Unpad, yakni Hery Wibowo, S.Psi, MM, Maulana Irfan, S.Sos., M.I.Kom, dan Dr. Dudy Heryadi, serta pemilik Batik Komar yang merupakan alumni Unpad, Komaruddin Kudya.

LKMM sendiri merupakan program Dikti dengan empat jenis LKMM, yaitu Pra-Dasar, Dasar, Menengah, dan Lanjut (Kader Bangsa).  Dalam waktu dekat, LPKA Unpad juga akan menggelar LKMM Kader Bangsa yang akan diikuti oleh sejumlah mahasiswa yang sudah menjadi pemimpin di lembaga kemahasiswaan.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh *

Share this: