Pendaftaran Program Diploma Unpad Dibuka Hingga 21 Juni 2014

Logo Unpad *

[Unpad.ac.id, 30/05/2014] Pendaftaran Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) Program Diploma masih dibuka hingga 21 Juni 2014 mendatang. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://pendaftaran.unpad.ac.id. Demikian disampaikan Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. Engkus Kuswarno, MS.

Logo Unpad *
Logo Unpad *

Untuk SMUP Program Diploma III, sistem seleksi berdasarkan Penjaringan Prestasi Akademik (PPA) menggunakan nilai rapor sejak semester 1 sampai dengan semester 5 khusus pada mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Sementara untuk SMUP Program Diploma IV (Program Studi Kebidanan) dilakukan dua tahap seleksi, yakni PPA dan Ujian Tertulis pada Seleksi Tahap 1, serta Tes MMPI dan Tes Kesehatan pada Seleksi Tahap 2.

Adapun program studi yang membuka pendaftaran untuk SMUP Program Diploma adalah Kebidanan untuk Program D-IV, serta Analisis Kimia , Akuntansi, Administrasi Perpajakan, Manajemen Pemasaran, Bisnis Internasional, Administrasi, Administrasi Pemerintahan, dan Hubungan Masyarakat untuk Program D-III.

Sementara ujian SMUP Program Pascasarjana, Spesialis, dan Profesi akan dilakukan pada Sabtu (31/05) besok.  Pelaksanaan ujian wawancara ini akan dilakukan di berbagai lokasi kampus Unpad, baik di Bandung maupun Jatinangor sesuai dengan program studi masing-masing.

SNMPTN 2014
Terkait hasil SNMPTN 2014 yang telah diumumkan beberapa waktu lalu, Prof. Engkus mengungkapkan bahwa Unpad diminat oleh 73.789 pendaftar. Hal ini menunjukkan bahwa Unpad merupakan perguruan tinggi negeri dengan jumlah peminat paling banyak di SNMPTN 2014, dengan Universitas Gadjah Mada berada di posisi kedua (62.875 pendaftar) dan Universitas Sumatera Utara di posisi ketiga (60.308 pendaftar).

Dari hasil seleksi ini, Unpad menerima sebanyak 2.696 calon mahasiswa baru yang tersebar di 45 program studi. Program studi yang paling banyak diminati pendaftar SNMPTN untuk  kelompok Soshum adalah Ilmu Komunikasi  dengan 6.357 peminat dan untuk kelompok Saintek adalah Program Studi Farmasi dengan jumlah peminat 3.620.

Berdasarkan tingkat ketetatan, yakni perbandingan antara jumlah peminat dibanding kuota, Program Studi Manajemen merupakan Program Studi dengan tingkat ketetatan tertinggi  untuk kelompok Soshum (1:131). Untuk kelompok Saintek, Program Studi dengan tingkat ketetatan  tertinggi adalah Teknik Informatika (1:74).

Sementara untuk program Bidikmisi, tahun ini Unpad menerima 628 calon mahasiswa baru penerima Bidikmisi dari jalur SNMPTN. Jumlah ini akan bertambah dari calon mahasiswa baru yang terjaring SBMPTN.  Program Bidikmisi sendiri sudah dijalankan sejak tahun 2010. Pada tahun pertama, Unpad menerima 500 mahasiswa penerima Bidikmisi. Angka ini terus bertambah setiap tahunnya, yakni sebanyak 700 mahasiswa di tahun kedua, dan 1.310 mahasiswa di tahun ketiga.

Tahun ini, Unpad kembali melanjutkan Program “Unpad Nyaah ka Jabar” yang sudah dilaksanakan selama tiga tahun sebagai bagian dari upaya Unpad untuk memberikan kesempatan kepada putra-putri di Jawa Barat untuk mengecap pendidikan tinggi di Unpad. Mahasiswa yang terjaring melalui program ini berasal dari 27 Kabupaten/Kota  di Jawa Barat. Menurut Prof. Engkus, Program “Unpad Nyaah ka Jabar” telah berhasil memberikan pemerataan kesempatan Jawa Barat untuk mendapatkan pendidikan tinggi. *

Laporan leh: Artanti Hendriyana / eh *

Share this: