Suasana Pasar Minggon yang diselenggarakan (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 10/3/2014] Pusat Penelitian dan Pengembangan Inkubator Bisnis (P3IB) Unpad menggelar “Pasar Minggon”. Kegiatan yang diinisiasi atas kerja sama dengan Bank Mandiri ini digelar dari Sabtu (8/3) hingga Minggu (9/3) di Lapangan Parkir Selatan Unpad, Kampus Iwa Koesoemasoemantri Bandung.

Suasana Pasar Minggon yang diselenggarakan (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Suasana Pasar Minggon di Lapangan Parkir Selatan Unpad Kampus Dipati Ukur yang diselenggarakan Pusat Penelitian dan Pengembangan Inkubator Bisnis (P3IB) Unpad  (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Kegiatan ini merupakan salah satu ajang untuk memasarkan produk-produk bisnis dari mahasiswa dan alumni Unpad, pelaku Wirausaha Mandiri Muda Unpad, serta dari Mitra Binaan Bank Mandiri. Sekitar 50 stan produk pebisnis tersebut berderet di sepanjang lapangan. Penempatannya pun disusun secara sektoral berdasarkan jenis bisnis yang sejenis.

Produk yang dipasarkan pun beragam, mulai dari pakaian, kuliner, hingga produk-produk handmade kreatif dan inovatif yang ditata dengan sangat menarik.

Rici Solihin, S.E., salah satu panitia “Pasar Minggon” mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang digelar oleh P3IB Unpad, dengan diresmikan langsung oleh Dr. H. Asep Mulyana, S.E., M.CE., selaku ketua P3IB Unpad dan Tito Irianto, selaku Vice President PT. Bank Mandiri Kanwil VI Bandung, Sabtu (8/3) lalu.

Selain sebagai ajang jual beli, lanjut Rici, kegiatan ini juga sebagai monitoring para pebisnis untuk memasarkan produk-produknya. Sehingga, jika para pebisnis tersebut mampu memasarkan dengan baik, panitia akan merekomendasikan kembali untuk mengikuti kegiatan serupa di bulan depan.

“Karena perdana, kita inginnya kegiatan ini akan berjalan setiap sebulan sekali. Dan jika animonya meningkat, maka akan kita gelar setiap 2 minggu sekali. Setiap pebisnis yang mampu memasarkan produknya dengan baik, akan kita rekomendasikan lagi di bulan depan sebagai peserta,” tukas Rici yang menjabat sebagai Ketua Teknis dari kegiatan Pasar Minggon.

Diakui Rici, kegiatan yang memiliki sasaran pengunjung civitas akademika Unpad dan masyarakat umum ini memiliki animo yang cukup besar. Hal ini terlihat dari banyak aktivitas pembelian produk yang dilakukan di kasir, bahkan hingga menjelang sore.

Diharapkan, kegiatan ini dapat memfasilitasi para pebisnis muda, khususnya dari Unpad untuk memasarkan produk-produk unggulannya. “Selain itu, kita juga akan melihat kinerja setiap tenant, misalkan kinerjanya kurang baik, kita akan berikan mereka pelatihan,” kata Rici.

Selain pameran, Pasar Minggon juga diisi oleh seminar dan talkshow kewirausahaan yang mengundang pembicara dari kalangan pebisnis muda yang sukses, penampilan seni dari Tim Kesenian Unpad, pembagian doorprize, hingga undian berhadiah yang diberikan oleh Bank Mandiri.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh *

 

Share this: