Mahasiswa Geologi Unpad dan University Malaysia Kelantan Lakukan Joint Exploration Field Works di Baling dan Langkawi

Mahasiswa dan Dosen Geologi Unpad saat berada di lokasi jemuruk fosil bed Malaysia *

[Unpad.ac.id, 21/01/2014] Sebanyak 13 mahasiswa Geologi Universitas Padjadjaran yang didampingi 3 dosen FTG Unpad melaksanakan kegiatan Joint Exploration Field Works dengan mahasiswa Geoscience University Malaysia Kelantan di daerah Baling (Kedah, bagian utara Peninsular Malaysia)  dan Pulau Langkawi pada 12-19 Januari 2014 yang lalu. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan student exchange dan field trip FTG Unpad ke UMK Malaysia.

Mahasiswa dan Dosen Geologi Unpad saat berada di lokasi jemuruk fosil bed Malaysia *
Mahasiswa dan Dosen Geologi Unpad saat berada di lokasi jemuruk fosil bed Malaysia *

Setelah melalui persiapan berupa pengkajian litelatur mengenai geologi regional daerah Baling serta Pulau Langkawi dan sekitarnya selama kurang lebih dua bulan, tim berangkat ke Malaysia pada 12 Januari 2014. Ke-13 mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini adalah Gamma Abdul Jabbar (mahasiswa angkatan 2008), Rendi Ermansyah (2009), Imanuel Variant (2009), Muhammad Abdul Kholik (2010), Suci Sarah (2011), Ade Triyunita (2011), Beta Kurniawahidayati (2011), Novi Dian Anggraini (2011), Nugraha Putra (2011), Muhammad Irfan Hilmi (2012), Muhammad Wildan (2013), Vilia Yohana (2013), dan Annisa Sylvani (2013). Sedangkan tiga dosen yang mendampingi adalah Dr. Vijaya Isnaniawardhani (bidang paleontologi, sekaligus sebagai Ketua Tim), Dr. Budi Muljana (bidang Stratigrafi), dan Ir. Ismawan, MT (bidang Geologi Struktur).

Setelah diterima oleh Dekan Faculty Earth Sciences UMK, mahasiswa Geologi Unpad bergabung bersama 66 mahasiswa Geoscience UMKmembentuk kelompok-kelompok untuk meneliti geologi di  daerah Baling dan Langkawi. Kegiatan ini adalah salah satu implementasi dari Memorandum Of Understanding yang telah ditandatangani oleh pimpinan kedua perguruan tinggi sekaligus lanjutan dari Joint Exploration Field Works yang telah dilakukan di daerah Bandung dan sekitarnya pada tahun lalu.

Langkawi merupakan salah satu pulau dari 99 kepulauan yang berada di sebelah barat laut Kedah di Semenanjung Malaysia yang sejak tahun 2007 telah diresmikan oleh UNESCO sebagai salah satu Geopark dunia. Kita dapat menemukan formasi batuan tertua yang terangkat di Langkawi yang berusia 505 juta tahun atau periode Cambrian. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik Pulau Langkawi dari segi geologi selain keindahan pariwisatanya.

Dari penelitian bersama dalam kegiatan Joint Exploration Field Works yang berlangsung dari tanggal 13 hingga tanggal 19 Januari 2014 ini diharapkan terjadi transfer ilmu, perbandingan cara belajar, dan pengenalan budaya antara mahasiswa Geologi Unpad dan Geoscience UMK Malaysia. Pada akhir program, direncanakan pula kegiatan bersama lainnya seperti seminar,  penelitian tugas akhir, pertukaran dosen, dan kegiatan lain yang bisa mempererat kerjasama antara kedua belah pihak. *

Rilis oleh: Rendi Ermansyah FTG / eh *

Share this: