Saksikan Catur Unik “U-Camaintian” di Aula Unpad, Minggu 8 Desember Mendatang

[Unpad.ac.id, 5/12/2013] U-Camaintian atau “Unpad catur main bertiga bergantian” atau “Yuk Catur main bertiga gantian” 2013 akan digelar pada Minggu (8/12) di Graha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipatiukur No. 35 Bandung. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka perayaan Dies Natalis ke-56 Unpad.

Logo Unpad *
Logo Unpad *

Pengarah kegiatan U-Camaintian 2013, Ir. Marsetio, M.P., mengatakan, sampai saat ini sudah 54 tim yang akan mengikuti kejuaraan tersebut. Peserta tersebut merupakan perwakilan dari masing-masing wilayah Pengda Percasi . Ditambah lagi ada beberapa perguruan tinggi, dan beberapa instansi atau lembaga seperti Dinas, Pemda, dan sebagainya.

“Kita menargetkan U-Camaintian ini akan diikuti oleh 112 tim yang bermain di 56 papan catur. Jumlah tersebut sesuai dengan usia Dies Natalis Unpad, yaitu 56,” tambah Marsetio.

Terkait dengan target tersebut, panitia pun memperpanjang masa pendaftaran U-Camaintian 2013 hingga tanggal 07 Desember 2013 pukul 12.00. “Jika jumlahnya sudah mencapai target sementara pendaftar masih banyak, kami akan tetap tutup masa pendaftaran,” ujarnya.

Layaknya permainan catur pada umumnya, U-Camaintian juga menggunakan aturan atau cara bermain sama seperti peraturan yang berlaku secara internasional dengan model catur cepat. Yang membedakan dengan permainan catur lainnya, permainan dilakukan oleh dua regu dengan masing-masing terdiri atas tiga orang yang bermain dalam satu papan catur.

Marsetio menambahkan, ada perbedaan aturan pada U-Camaintian tahun ini dengan tahun sebelumnya. Untuk kali ini, waktu kesempatan setiap pemain dalam satu tim untuk melangkahkan pion caturnya menjadi 5 detik. Ini dilakukan agar mobilitas setiap tim dapat lebih harmonis.

Kejuaraan U-Camaintian 2013 ini memperebutkan uang tunai dengan jumlah total 56 juta untuk 20 pemenang kategori. Kejuaraan ini diprediksi akan diikuti pula oleh tim yang terdiri dari para grand master Catur Indonesia.

Marsetio pun berharap para peserta U-Camaintian dapat hadir tepat waktu pada saat pelaksanaan dan memahami esensi permainan U-Camaintian. “Permainan ini mudah-mudahan tidak hanya menjadi hiburan bagi peserta, tetapi dapat memahami makna U-Camaintian sebagai bagian dari kebersamaan/kekompakan setiap anggota timnya,” pungkas Marsetio.*

Laporan oleh Arief Maulana

Share this: