Chairul Tanjung adalah Impact Person, Sosok dengan Pengaruh Positif

Chairul Tanjung saat memberi kuliah umum di Bale Santika Unpad Jatinangor (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 11/12/2013] Pada tahun ini, Universitas Padjadjaran akan menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa (HC) kepada pengusaha sukses Indonesia, Chairul Tanjung (CT) dalam bidang Ilmu Ekonomi Kewirausahaan. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Senat Unpad, Prof. Dr. Sutyastie Soemitro Remi, S.E., M.S.

Chairul Tanjung saat memberi kuliah umum di Bale Santika Unpad Jatinangor (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Chairul Tanjung saat memberi kuliah umum di Bale Santika Unpad Jatinangor (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Sekretaris Senat yang akrab dipanggil Prof. Tati ini menuturkan, pemberian anugerah gelar Doktor HC ini didasarkan atas kelayakan CT dalam membangun aktivitas kewirausahaannya, baik memulai suatu bisnis yang baru hingga mengakuisisi perusahaan yang hampir mati dan kemudian kembali bergerak maju dengan begitu cepat.

“Pak CT ini sudah menunjukkan kesuksesan kewirausahaannya. Diawali dengan usaha kecil saat ia kuliah sampai akhirnya berkembang menjadi usaha dalam berbagai divisi, seperti hypermarket, travel, media televisi, hotel, hingga perusahaan-perusahaan lain yang diakuisisi olehnya,” ujar Prof. Tati.

Atas keberhasilannya tersebut, nama CT pun kemudian dibahas oleh Senat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad untuk diberikan gelar Doktor HC. Setelah disetujui oleh senat fakultas dan universitas, maka dibentuklah tim promotor yang diketuai oleh Prof. Tati sendiri, dengan anggota promotor yang terdiri dari: Prof. Dr. Jusuf Anwar, S.H., M.H., (Fakultas Hukum), Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D., (Fakultas Ilmu Komunikasi), dan Prof. Dr. Ilya Avianti, S.E., M.S., Ak., CPA.CA (Fakultas Ekonomi dan Bisnis).

“Setelah dibentuk, mulailah kami mempelajari sepak terjang Pak CT mulai dari aktivitas bisnisnya hingga aktivitas karya ilmiahnya,” tambah Prof. Tati.

Dari hasil tersebut, diketahui CT memiliki kemampuan wirausaha yang baik. Hal ini dibuktikan dengan jumlah karyawan seluruh perusahaannya yang berjumlah sekitar 150.000 orang. Sehingga, Prof. Tati pun mengistilahkan CT sebagai “impact person”, atau sosok yang dengan aktivitasnya memberikan pengaruh positif sekaligus membuka peluang lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

“Tentu kesuksesan tersebut sangat ditunjang dengan kemampuan leadership yang dimiliki Pak CT,” lanjutnya.

Di bidang karya ilmiah, CT pun telah menghasilkan sekitar 38 paper yang telah disampaikan dalam berbagai forum. Oleh karena itu, dalam upacara penganugerahan nanti, CT pun akan membacakan orasi ilmiah bertajuk Inovasi, Kewirausahaan, dan Kepemimpinan yang Mempercepat Kemajuan Indonesia.

Sebelumnya, pada bulan Agustus lalu CT pun telah diberikan anugerah Doktor HC oleh Universitas Airlangga (Unair) di bidang Ilmu Ekonomi. Khusus untuk Unpad, anugerah Doktor HC tersebut akan lebih terfokus pada bidang Ilmu Ekonomi Mikro.

“Anugerah Doktor HC yang diberikan Unair lebih bersifat ekonomi makro. Sementara kita mengajukan ekonomi mikro, yaitu bagaimana inovasi yang telah dilakukannya, bukti kewirausahaannya, dan semangat leadership-nya,” jelas Prof. Tati.

Upacara penganugerahan gelar Doktor HC kepada CT sendiri akan digelar Kamis (12/12) besok di Graha Sanusi Hardjadinata Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Jalan Dipatiukur No. 35 Bandung.

Laporan oleh: Arief Maulana / eh*

Share this: