Sebanyak 1.396 Peserta Ikuti SMUP Jenjang Pascasarjana Gelombang II

Proses seleksi wawancara calon mahasiswa pascasarjana di Fikom Unpad (Foto oleh: Erman) *

[Unpad.ac.id, 30/11/2013] Sebanyak 1.396 peserta mengikuti Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) Gelombang II Tahun Akademik 2013/2014 untuk jenjang Spesialis, Magister, dan Doktor di berbagai lokasi Kampus Unpad di Bandung dan Jatinangor pada Sabtu 30 November 2013. Peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) akan melakukan tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) dan TKBi (Tes Kemampuan Bahasa Inggris) serta wawancara, sedangkan untuk peserta Magister dan Doktor dilakukan seleksi wawancara dan seleksi administrasi.

Proses seleksi wawancara calon mahasiswa pascasarjana di Fikom Unpad (Foto oleh: Erman) *
Proses seleksi wawancara calon mahasiswa pascasarjana di Fikom Unpad (Foto oleh: Erman) *

“Calon peserta yang mendaftarkan diri sebanyak 1.438, sementara calon peserta yang mencetak kartu ada 1.396. Ada pula calon peserta yang sudah mendaftarkan diri tapi ternyata belum melakukan finalisasi biodata online, itu juga diakomodasikan. Mereka tetap boleh mengikuti seleksi, tapi kemudian menuntaskan pengisian biodata onlinenya,” ujar Ketua SMUP, Dr. Ir. Denie Heriyadi, MS.

Dr. Denie memaparkan, jumlah peserta yang mencetak kartu untuk jenjang spesialis ada 377 orang, untuk jenjang magister 867 orang, dan jenjang doktor 152 orang. Sementara peserta jenjang profesi, baru akan melakukan seleksi pada 7 Desember 2013 untuk profesi Akuntansi dan Apoteker.

“Jumlah peserta terbanyak untuk PPDS adalah program studi Obstetri dan Ginekologi sebanyak 40 orang, disusul kemudian radiologi 34 orang dan ilmu penyakit dalam 33 orang. Peserta terbanyak program magister adalah Kebidanan sebanyak 154 orang, Magister Manajemen 72 orang dan Akuntansi 43 orang, sedangkan peserta terbanyak program doktor adalah Ilmu Hukum sebanyak 31 orang, Ilmu Manajemen juga sebanyak 31 orang, dan Ilmu Administrasi sebanyak 20 orang,” jelas Dr. Denie.

Sementara Kepala Subbagian Seleksi dan Registrasi Biro Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Agus Muchtarom, S.Si., menjelaskan, hasil seleksi untuk jenjang S-2 dan S-3 akan diumumkan pada 12 Desember 2013, jenjang Spesialis diumumkan pada 17 Desember 2013, dan jenjang Profesi pada 24 Desember 2013. “Untuk jadwal registrasi, silakan seluruh calon mahasiswa yang dinyatakan lulus untuk mengecek jadwal yang tertera pada saat pengisian biodata online. Di sana akan tercantum tempat, tanggal hingga jam registrasi,” jelas Agus. *

[nggallery id=92]

Foto-foto oleh: Tedi Yusup & Erman (Humas Unpad)

Laporan oleh: Erman *

Share this: