FIB Unpad Juara Umum OOTrad Padjadjaran ke-6 Tahun 2013

Perwakilan FIB Unpad menangkat piala Juara Umum OOTrad Padjadjaran ke-6 Tahun 2013 (Foto: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 4/11/2013] Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad berhasil meraih Juara Umum pada Olimpiade Olah Raga Tradisional (OOTrad) Padjadjaran ke-6 pada Minggu (3/11) di Kampus Unpad  Bandung. FIB Unpad berhasil meraih juara umum setelah memperolehan nilai medali terbanyak dengan 10 emas, 2 perak dan 3,5 perunggu.

Perwakilan FIB Unpad menangkat piala Juara Umum OOTrad Padjadjaran ke-6 Tahun 2013 (Foto: Tedi Yusup)*

FIB Unpad berhasil meraih juara pertama di beberapa kategori lomba, yaitu Lomba Marathon Engrang Putra, Ucamaintian, Rengkenek Bandung, dan Pawai Alegoris. Sementara prestasi lainnya yaitu, juara kedua pada kategori lomba Galah Asin Putra, serta juara 3 pada kategori lomba Sorodot Gaplok Putra, dan Festival Kuliner.

Dalam kategori lomba Rengkenek Bandung, FIB Unpad berhasil meraih juara pertama didasarkan pada kesesuaian gerakan aerobik pada penampilan dengan struktur dasar tari Sunda. Salah satu juri Rengkenek Bandung mengungkapkan, ada 3 aspek yang dinilai dalam setiap penampilan yaitu, konsep, harmonisasi, dan gerakan aerobik.

Salah satu mahasiswa Pascasarjana FIB Unpad, Ranti Rahmawanti, mengapresiasi prestasi yang diraih FIB Unpad. Menurutnya, keberhasilan yang dicapai oleh FIB Unpad tidak lepas dari peran bersama antara dosen, staf, dan mahasiswa untuk memberikan yang terbaik dalam OOTrad kali ini.

“Kita harapkan, juara umum ini dapat terus dipertahankan oleh FIB Unpad,” harapnya.

OOTrad Padjadjaran ke-6 kali ini digelar sebagai bagian dari perayaan Dies Natalis ke-56 Unpad. Kegiatan dimulai sejak pukul  6.00 pagi dengan melakukan Aleut-aleutan (Pawai Alegoris) yang diikuti oleh seluruh fakultas dan unit kerja di lingkungan Unpad. Pawai dimulai dari Pintu Gerbang Utara Kampus Unpad Bandung menuju kawasan Car Free Day Dago hingga kembali berakhir di Kampus Unpad Bandung.

Dibuka secara resmi oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia dengan menyalakan obor OOTrad, ada banyak perlombaan dan kegiatan yang digelar di samping Pawai Alegoris, yaitu Rengkenek Bandung, Tutunggulan (Nabeuh Lisung), Galah Asin, Perepet Jengkol, Marathon Engrang, Panahan, Sumpit, Sorodot Gaplok, Panggal/Gasing, Saptalomba Tradisional, Festival Kuliner, Seleksi Awal Ucamaintian, dan Sosialisasi olahraga Korfball.

Adapun juara lain dalam OOTrad kali ini adalah,Fakultas Ilmu Keperawatan (Juara Harapan III), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Juara Harapan II), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (Juara Harapan I), Fakultas Peternakan (Juara III), dan Fakultas Teknik Geologi (Juara II).

Laporan oleh: Arief Maulana / eh*

Share this: