Humas Unpad Membuka Layanan Informasi Seputar Unpad di Edu Fair 2013

Staf UPT Humas Unpad Dra. Wati Sukmawati memberi penjelasan seputar Unpad kepada siswa siswi SMAK Penabur Gading Serpong Tangerang pada acara Edu Fair 2013. (Foto: Arief Maulana)

[Unpad.ac.id, 06/10/2013] Untuk mengenalkan lebih jauh mengenai Unpad kepada pelajar, UPT Humas Unpad membuka layanan informasi pada kegiatan Edu Fair 2013 di SMAK Penabur Gading Serpong Tangerang, Jumat (04/10) hingga Sabtu (05/10) kemarin. Atmosfer keingintahuan siswa SMAK Penabur pun tampak pada saat kegiatan tersebut.

Staf UPT Humas Unpad Dra. Wati Sukmawati memberi penjelasan seputar Unpad kepada siswa siswi SMAK Penabur Gading Serpong Tangerang pada acara Edu Fair 2013. (Foto: Arief Maulana)

Gloria Evita Thalia misalnya. Siswi kelas XI IPA ini begitu tertarik mendengar pemaparan mengenai Unpad oleh dua orang staf Humas Unpad, yaitu Dra. Wati Sukmawati, dan Safa Annisaa, S.Ikom. Gloria tertarik untuk berkuliah di Fakultas Kedokteran (FK) Unpad. Ia pun bertanya banyak mengenai informasi jalur masuk, kurikulum di FK, hingga biaya kuliah.

“Saya tertarik masuk ke Unpad dan kuliah di Kedokteran. Banyak teman-teman saya pun yang tertarik kuliah di Kedokteran,” ujarnya.

Teman Gloria, Franz pun tertarik untuk masuk ke Program Studi Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad. Meskipun masih 2 tahun lagi, Franz mengaku telah mempersiapkan semuanya agar bisa lolos seleksi dan berkuliah di Unpad. “Unpad itu lokasinya tidak terlalu jauh dari Tangerang. Suasananya juga menyenangkan,” ujarnya.

Selain siswa, atmosfer keingintahuan mengenai Unpad pun juga datang dari para orang tua siswa, guru, dan staf. Bahkan, para siswa yang sebelumnya sudah mendapatkan informasi mengenai Unpad, kembali datang bersama orang tuanya untuk bertanya lebih lanjut.

“Saya dengar beberapa program studi di Unpad menjadi favorit. Hal inilah yang menyebabkan saya tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Unpad,” ujar Lia Samantha, salah satu orang tua siswa mengungkapkan.

Kepala sekolah SMAK BPK Penabur, Satijan, M.Pd., mengungkapkan kegiatan Edu Fair 2013 ini merupakan kegiatan tahunan yang digelar di sekolahnya. Tujuannya, untuk mendapatkan informasi lebih jauh mengenai perguruan tinggi kepada para siswa.

“Kami sadar bahwa kami tidak bisa memberikan informasi yang lengkap mengenai perguruan tinggi kepada siswa. Oleh karena itu, kami datangkan perwakilan dari perguruan tinggi swasta maupun negeri untuk memberikan informasi lebih lengkap agar para siswa punya bekal setelah lulus nanti,” ujarnya.

Lebih lanjut Sartijan menjelaskan, Edu Fair kali ini diikuti oleh 56 perguruan tinggi dan perwakilan perguruan tinggi asing di Indonesia. Unpad sendiri dipilih karena banyak siswa SMAK Penabur yang memiliki minat yang tinggi untuk masuk ke Unpad. Namun, minat tersebut hanya terbatas pada beberapa program studi saja, sehingga pihaknya pun mengundang Unpad untuk bisa menjelaskan mengenai program studi secara lengkap.

Selain membuka stan layanan informasi, Humas Unpad pun melakukan presentasi mengenai Unpad di hadapan para orang tua dan siswa. Salah satu staf, Wati Sukmawati mengungkapkan, para siswa diharapkan dapat memilih program studi sesuai dengan apa yang diminatinya.

“Saya harap kalian nanti ketika memilih program studi dapat disesuaikan dengan minat dan kemampuannya. Jangan karena teman-teman yang lain mengambil prodi yang sama, kalian pun memilih prodi tersebut,” ujar Wati.*

Laporan oleh Arief Maulana/mar

Share this: