Pertunjukan Nella’s Wings dari Australia Awali Festival Wayang Internasional 2013

Pertunjukan Nella’s Wings oleh kelompok Sydney Puppet Theatre dari Australia, Kamis (12/09) di Bale Rumawat Unpad, Bandung dalam gelaran Festival Wayang Internasional 2013. (Foto: Dadan T)

[Unpad.ac.id, 12/09/2013] Dalam benak Randi, siswa SDN Muara Ciwidey Bandung, sosok wayang identik dengan tokoh Si Cepot, punakawan dalam epos Mahabhrata versi Jawa Barat. Anggapan tersebut seketika hilang ketika menonton pertunjukan Nella’s  Wings oleh kelompok Sydney Puppet Theatre dari Australia, Kamis (12/09) di Bale Rumawat Unpad Kampus Iwakoesoemasoemantri, Bandung dalam gelaran Festival Wayang Internasional 2013.

Pertunjukan Nella’s Wings oleh kelompok Sydney Puppet Theatre dari Australia, Kamis (12/09) di Bale Rumawat Unpad, Bandung dalam gelaran Festival Wayang Internasional 2013. (Foto: Dadan T)

Kelompok tersebut menampilkan pentas teater boneka anak-anak yang terdiri dari boneka bayangan, serta satu bonek kayu yang bernama Nella. Dimainkan secara apik oleh Sue Wallace, pentas tersebut mampu menghibur Randi dan kawan-kawannya. Tak jarang, mereka pun tertawa ketika melihat adegan-adegan lucu yang ditampilkan oleh Sue.

“Si ibunya (Sue) lucu, selalu bikin ketawa, sama kayak nonton film kartun Tom and Jerry,” ujar bocah kelas 5 tersebut.

Dalam pentas tersebut, Sue berperan sebagai tokoh yang “berkomunikasi” langsung dengan Nella, anak kecil yang setiap harinya mengimajinasikan berbagai hal yang dapat terbang. Nella pun menggambar banyak hal, mulai dari burung hantu, serangga padang pasir, pinguin, serta kupu-kupu.

Dengan segala imajinasinya, Nella menginginkan sayap impiannya untuk bisa membawanya terbang. Sue membawa penonton pentas untuk “membantu” Nella agar dapat terbang dengan cara meniupnya bersama-sama. Pentas berdurasi 45 menit itu pun berakhir bahagia, Nella akhirnya bisa terbang mewujudkan impian dan imajinasinya.

“Gak bosan nontonnya, jadi ingin nonton lagi,” tambah Randi.

Sementara itu, guru SDN Muara Ciwidey, Poppy Kania mengungkapkan, pertunjukan Nella’s Wings memberikan efek positif bagi siswa. Menurutnya, pertunjukan tersebut sekaligus mengenalkan seni boneka dan wayang yang baru kepada para siswa.

“Ini menjadi pengalaman baru bagi para siswa. Wayang di beberapa negara itu sangat banyak, bukan hanya di Indonesia saja. Mudah-mudahan wawasan mereka bertambah,” ujarnya.

Tampilkan Pertunjukan Wayang dari Beberapa Negara

Selain kelompok Sydney Puppet Theatre dari Australia, festival ini juga akan menampilkan pertunjukan wayang dari Belanda, Madagaskar, Turki, Singapura, Filipina, dan Indonesia. Kegiatan yang diprakarsai oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Barat ini digelar selama 2 hari, dari 12 – 13 September 2013.

Ketua pelaksana kegiatan, Hendra Mbot mengatakan, festival wayang ini akan menampilkan pertunjukan wayang/boneka bercerita yang menjadi ciri khas dari negaranya. “Kita juga mengundang para pelajar mulai dari SD hingga SMA dan umum dengan tujuan agar pagelaran ini dapat menambah wawasan bagi setiap kalangan,” tambahnya.*

Laporan oleh Arief Maulana/mar

Share this: