Mengaku Dekan, Penipu Coba Kelabui Mahasiswa Ilmu Keperawatan Unpad

[Unpad.ac.id/19/09/2013] Sejumlah mahasiswa Ilmu Keperawatan Unpad angkatan 2013 mendapat short message service (SMS) dari penipu yang mengaku sebagai Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Unpad. Modus penipuannya, calon korban dibuai dengan mengatakan mereka terpilih mengikuti sebuah seminar di Jakarta.

Logo Unpad *

“Saya dan beberapa teman mendapat SMS, dia mengaku sebagai Dekan. Tapi setelah kami konfirmasi, Dekan mengatakan tidak pernah mengirimkan SMS itu. Jadi kami tahu ini adalah upaya penipuan,” ujar salah satu mahasiswa yang tidak bersedia disebutkan namanya saat bersama 7 teman lainnya datang ke ruang Humas Unpad, Kamis (19/09).

Kedelapan mahasiswa Ilmu Keperawatan Unpad angkatan 2013 itu memperoleh SMS yang sama. Bunyi SMS itu adalah “Sy Bpk Kusman Ibrahim (Dekan Keperawatn Unpad)Yth.(nama mahasiswa).Diminta Hbngi Skrng Bpk Prof.Dr.Ganjar Kurnia.0816954672.Anda Di Tunjuk Mewakili Unpad Hadir Dlm Seminar Nasional Peningktn Karakter Penelitian Ilmu Keperawatan Dari Dikit Tgl 25/26 Sept di Htl Brbdr Jkt. Trims“.

Modus penipuan undangan seminar seperti ini telah cukup sering terdengar. Setelah mengirim SMS, penipu biasanya meminta calon korbannya untuk menelepon seseorang. Nanti orang ini akan mengatakan bahwa dana telah dikirimkan ke rekening calon korbannya, padahal tidak pernah ada dana yang dikirim. Saat calon korban menelepon kembali untuk menanyakan mengapa tidak ada dana yang diterima, barulah penipu menjalankan aksi utamanya.

Penipu akan meminta calon korbannya mengecek di Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Setelah sampai di ATM calon korban akan diminta menelepon kembali. Saat menelepon di ATM itulah, penipu akan mengarahkan calon korbannya untuk memencet beberapa tombol di ATM. Berdalih mengatakan itu adalah cara agar dana yang ditransfer segera sampai ke rekening tujuan, padahal itu adalah upaya mentransfer dana yang ada di rekening calon korbannya ke rekening penipu.

“Jika ada informasi yang meragukan, silakan konfirmasikan ke pihak terkait atau ke Humas Unpad. Jangan sampai menjadi korban penipuan. Silakan hubungi Humas Unpad di nomor telepon (022) 842-88888 atau email humas@unpad.ac.id,” ujar staf Humas Unpad. Dra. Wati Sukmawati. *

Laporan oleh: Erman *

Share this: