Student Day 2013 Perkenalkan Organisasi Kemahasiswaan pada Mahasiswa Baru

[Unpad.ac.id, 21/08/2013] Masih dalam rangkaian acara Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unpad 2013, hari ini, Rabu (21/08) digelar Student Day 2013 di Stadion Jati Padjadjaran Unpad. Sebanyak 58 stan organisasi kemahasiswaan pun turut memeriahkan acara bertema “Bakti Unpad untuk Indonesia” ini.

[nggallery id=64]

Foto-foto oleh: Tedi Yusup (Humas Unpad)*

“Dengan acara ini kita berusaha perkenalkan nilai-nilai kemahasiswaan, yaitu prestatif dan pergerakan kemahasiswaannya, baik itu akademik maupun non akademik,” jelas Ketua Prabu Unpad 2013, Andi Muhammad Nurdin saat ditemui di sela-sela acara.

Dengan adanya acara ini, Andi mengharapkan para mahasiswa baru Unpad dapat bisa lebih mengenal organisasi kemahasiswaan yang ada di Unpad, termasuk kegiatan dan kekhasan dari  masing-masing organisasi kemahasiswaan.

“Kita fokuskan Prabu kali ini bukan hanya seremonial saja, tapi bagaimana penanaman nilai untuk mahasiswa baru, yaitu nilai prestatif, ke-Unpad-an, dan juga Tridharama Perguruan Tinggi yang kemudian kita coba terus gali,” tambah Andi.

Di awal acara, para mahasiswa baru diperkenalkan dengan berbagai prestasi yang pernah diraih mahasiswa Unpad. Pada kesempatan tersebut diundang pula beberapa mahasiswa Unpad yang pernah menorehkan prestasi untuk berbagi pengalamannya di hadapan ribuan mahasiswa baru.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengenalan organisasi kemahasiswaan yang ada di Unpad, yang terdiri dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM),  kelompok mahasiswa, dan perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa dari 16 fakultas di lingkungan Unpad.

Pengenalan organisasi kemahasiswaan dimulai dengan parade dari masing-masing organisasi yang mengelilingi Stadion Jati Padjadjaran. Masing-masing organisasi melakukan parade di hadapan mahasiswa baru dengan menggunakan kostum dan membawa atribut khas masing-masing.

UKM Lingkung Seni Sunda (Lises) misalnya yang melakukan parade dengan mengenakan pakaian khas sunda dan menari tari tradisional sunda sambil mengelilingi barisan mahasiswa baru. Selain itu juga ada perwakilan mahasiswa Fakultas Peternakan yang berparade dengan membawa berbagai hewan ternak seperti sapi, kambing, kuda, dan kerbau.

Selain parade, pengenalan organisasi kemahasiswaan juga dilakukan dengan atraksi di hadapan para mahasiswa baru. Salah satu atraksi UKM yang menarik perhatian mahasiswa baru adalah Merpati Putih, yang melakukan atraksi mematahkan besi dan tumpukan es batu. Penampilan menarik lainnya tak kalah disuguhkan oleh UKM Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unpad yang menampilkan beberapa buah lagu. Selain itu, masih banyak lagi penampilan organisasi kemahasiwaan Unpad yang menarik perhatian  dan mengundang decak kagum serta tepuk tangan meriah dari para mahasiswa baru.

Tidak hanya itu, atraksi juga disuguhkan sejumlah organisasi di stan masing-masing. Beberapa stan pun tampak menarik dihiasi kekhasan masing-masing organisasi.  Salah satunya adalah stan UKM Unit Pecinta Budaya Minang (UPBM) yang tampak menyerupai rumah tradisional Sumatera Barat, lengkap dengan berbagai alat musik tradisionalnya.

Sejumlah stan organisasi kemahasiswaan pun terlihat dipenuhi oleh para mahasiswa baru yang tertarik untuk mendaftar menjadi anggota. Salah satunya adalah Kevina, mahasiswa baru Fakultas Ilmu Budaya Unpad yang tertarik untuk menjadi anggota Lises Unpad.

“Saya sebelumnya sekolah di sekolah Sunda, disana ada ekskul degung, angkung, dan sebagainya, mudah-mudahan disini bakat saya bisa diteruskan. Mudah-mudahan di Lises saya bisa memperluas ilmu kebudayaan juga,” tutur gadis lulusan SMA Yayasan Atikan Sunda Bandung ini. *

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh *

Share this: