Kerja Sama dengan SEAMOLEC dan SMK, Unpad Wisuda 58 Lulusan Pendidikan Vokasi Berkelanjutan D-1

Foto bersama wisudawan Program Pendidikan Vokasi Berkelanjutan (PVB) Diploma 1 Unpad usai menjalani prosesi wisuda di Bale Sawala Unpad Kampus Jatinangor, Kamis (4/07). (Foto: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 4/07/2013] Sebanyak 58 mahasiswa Pendidikan Vokasi Berkelanjutan (PVB) Diploma 1 yang merupakan kerja sama antara Unpad dengan Southeast Asian Ministers of Education Organization Open Learning Centre (SEAMOLEC) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Barat menjalani upacara wisuda di Bale Sawala Unpad Kampus Jatinangor, Kamis 4 Juli 2013.

Foto bersama wisudawan Program Pendidikan Vokasi Berkelanjutan (PVB) Diploma 1 Unpad usai menjalani prosesi wisuda di Bale Sawala Unpad Kampus Jatinangor, Kamis (4/07). (Foto: Tedi Yusup)*

“PVB D-1 Unpad ini merupakan program yang dijalankan Unpad berdasarkan tugas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Unpad dalam hal ini membina para instruktur yang merupakan guru-guru SMK, dan para instruktur itu yang mengajar para mahasiswa program PVB D-1 ini,” ujar Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, MS., sebelum melakukan prosesi wisuda.

Lulusan program PVB D-1 Unpad 2013 terdiri dari 19 orang dari Program Studi Budidaya Perikanan, Konsentrasi Manajemen Produksi & Teknologi Pengolahan Ikan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, 10 orang dari Program Studi Teknologi Informasi, Konsentrasi Mobile Application, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, 29 orang dari Program Studi Budidaya Pertanian, Konsentrasi Teknologi Perakitaan dan Produksi Benih, Fakultas Pertanian.

Koordinator PVB D-1 Unpad, Dr. Ir. Reginawanti Hindersah, MP., menjelaskan bahwa para mahasiswa PVB D-1 belajar di sejumlah SMK di Jabar yang menjadi subkampus Unpad. Setelah lulus, mereka akan menjadi ahli pratama yang memiliki keahlian spesifik untuk menghasilkan produk dan pelayanan serta siap bekerja mandiri.

“Contohnya, mereka yang belajar produksi benih setelah lulus sudah bisa menghasilkan benih yang sesuai dengan sertifikasi nasional. Mereka diharapkan bisa mandiri dalam bekerja,” ujar Dr. Reginawanti, yang juga dosen Fakultas Pertanian Unpad.

Peserta program PVB D-1 Unpad merupakan alumni SMK dari berbagai kota di Jabar seperti Subang, Cimalaya, Majalengka, Sukabumi, Sumedang, Garut, Baleendah, juga Kota Bandung. Dari 58 lulusan yang diwisuda, Aditya Lukman dari Program Studi Teknologi Informasi, Konsentrasi Mobile Application tercatat sebagai wisudawan dengan IPK Tertinggi 3,81.  *

Laporan oleh: Erman *

Keterangan:
Foto-foto wisudawan PVB D-1 Unpad bisa diunduh di gallery.unpad.ac.id

Share this: