Rektor Lantik Kepala Biro, Kabag, dan Kasubbag di Lingkungan Unpad

Rektor Unpad menyaksikan para pejabat yang dilantik membubuhkan tandatangan saat pelantikan di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Kamis (20/06). (Foto: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 20/06/2013] Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, melantik Kepala Biro, Kepala Bagian, dan Kepala Subbagian di lingkungan Unpad, Kamis (20/06) di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Kampus Bandung. Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Rektor Unpad No. 2400 s/d 2581/UN6.RKT/KP/2013 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Struktural di Lingkungan Universitas Padjadjaran.

Rektor Unpad menyaksikan para pejabat yang dilantik membubuhkan tandatangan saat pelantikan di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Kamis (20/06). (Foto: Tedi Yusup)*

Menurut Rektor, pelantikan tersebut pada dasarnya merupakan bagian dari perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kelola (SOTK) di Unpad. “Sebagaimana diketahui, terakhir kali kita mempunyai SOTK yang disahkan pemerintah pada tahun 1992, bersamaan dengan statuta,” jelas Rektor.

Selama 20 tahun sejak disahkan, diakui Rektor, terjadi banyak perkembangan dan perubahan yang terjadi di struktur organisasi Unpad. Diperlukan penyesuaian terhadap perubahan-perubahan tersebut, salah satunya adalah perubahan SOTK di lingkungan Unpad.“Ada beberapa nomenklatur yang berubah. Perubahan nomenklatur ini tentu akan menjadikan juga perubahan di dalam melaksanakan tugas, pokok, dan fungsi,” kata Rektor.

Oleh karena itu, Rektor pun mengimbau kepada para pejabat yang baru saja dilantik untuk bersama-sama merumuskan tupoksi. Mengingat, struktur organisasi pasca disahkannya SOTK yang baru terjadi perubahan fungsi dan lingkup tupoksi, sehingga perumusan tersebut haruslah dilaksanakan secara bersama-sama.

Lebih lanjut Rektor pun mengungkapkan, tujuan lain dari perubahan SOTK tersebut terkait dengan reformasi birokrasi. Menurut Rektor, reformasi birokrasi bukan hanya terjadi di lingkungan universitas, tapi merupakan bagian dari perubahan-perubahan di tingkat negara.


Foto-foto oleh: Tedi Yusup *

“Selama ini selalu ada kesan bahwa remunerasi ini mengada-ada. Intinya, Unpad melaksanakan berbagai perubahan dengan berorientasi pada peraturan yang berlaku di negara,” tegas Rektor.

Rektor pun mengingatkan, pergantian struktur jabatan ini pun tidak hanya didasarkan pada kompetensi individu, namun juga mencakup pada kekurangannya. “Ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Unpad,” ujar Rektor.

Melalui pelantikan tersebut, Rektor pun berharap setiap pejabat yang dilantik mampu menjalankan tugasnya sesuai dengan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki. “Kami mengharapkan teman-teman mampu memahami tupoksi yang sudah disesuaikan sehingga dapat bekerja dengan maksmal untuk memberikan pelayanan yang terbaik,” pungkas Rektor.

Adapun nama Kepala Biro yang dilantik adalah:

  1. Drs. Agus Safari, M.Si., diangkat dalam jabatan sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Sistem Informasi;
  2. Dr. H. Isis Ikhwansyah, S.H., M.H., CN., diangkat dalam jabatan sebagai Kepala Biro Pembelajaran dan Kemahasiswaan;
  3. Drs. Sudarma, M.M., diangkat dalam jabatan Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Hukum, dan Tata Kelola. *

Laporan oleh Arief Maulana / eh *

Share this: