Berminat Ikut Semester Antara? Silakan Baca Informasi Ini

[Unpad.ac.id, 17/06/2013] Pelaksanaan Semester Antara, atau yang dulu dikenal dengan Semester Alih Tahun (SAT) akan segera dilaksanakan. Pada tahun ini, ada sedikit perubahan terkait pelaksanaan Semester Antara, khususnya pada waktu pelaksanaan serta jumlah SKS maksimal yang diperkenankan diambil oleh setiap mahasiswa.

Logo Unpad *

Menurut Kepala Biro Administrasi Akademik Unpad, Dr. H. Isis Ikhwansyah, S.H., M.H., jika pada tahun sebelumnya setiap mahasiswa diperkenankan mengambil maksimal 10 SKS, pada tahun ini hanya diperkenankan mengambil maksimal 6 SKS. “Mengapa pada tahun ini kita menetapkannya sedikit, karena waktu pelaksanaannya berbenturan dengan Hari Raya,” jelasnya.

Pelaksanakan Semester Antara sendiri berdasarkan Kalender Akademik Unpad ialah dari tanggal 1 Juli – 16 Agustus 2013. Terkait dengan pelaksanaan Hari Raya, Isis pun menjelaskan, setiap fakultas akan melakukan penyesuaian jadwal agar pelaksanaannya tidak berbenturan sehingga dalam satu minggu ada 3 kali proses tatap muka untuk 1 SKS.

Terkait dengan format Semester Antara, Isis menjelaskan, pelaksanaan Semester Antara masih tetap diperuntukkan untuk remediasi dan akselerasi. Untuk remediasi diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin memperbaiki nilai mata kuliah dengan catatan untuk nilai antara C, D, dan E. Sementara untuk akselerasi, mahasiswa diperbolehkan mengambil akselerasi minimal yang memiliki IPK 3,35.

“Untuk tahun ini, nilai yang diambil adalah nilai yang terakhir. Jadi, ketika sebelum Semester Antara mendapatkan C, ketika Semester Antara mendapat E, maka nilai E-lah yang akan diambil,” ujar Isis.

Adapun untuk jenis mata kuliah yang bisa diremediasi adalah mata kuliah yang bukan berpraktikum. Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah mahasiswa yang memiliki kehadiran kurang dari 80% tidak diperkenankan mengikuti ujian akhir.

Berdasarkan kalender akademik, pelaksanaan Semester Antara dilakukan dengan dimulai dari Masa Bimibingan Akademik Mahasiswa /Perwalian (24 – 26 Juni 2013), Masa Pembayaran Registrasi on-line dan pengisian Kartu Rencana Studi on-line (25 – 27 Juni 2013), dan Masa Perkuliahan yang dimulai pada tanggal 01 Juli 2013.

Adapun untuk pendaftaran secara online dilakukan di laman http://students.unpad.ac.id/.

Biaya untuk registrasi Semester Antara ialah Rp150 ribu/SKS untuk prigram Pascasarjana, Spesialis, dan Profesi, Rp55.000/SKS untuk program Sarjana Reguler, Rp50.000/SKS untuk program Diploma, dan US$ 100/SKS untuk Program Sarjana dan Profesi untuk Mahasiswa Asing.*

Laporan oleh Arief Maulana / eh *

Share this: