Yoseph Marlin Jadi Sarjana Kedokteran di Usia 19 Tahun

[Unpad.ac.id, 8/05/2013] Senang dan bangga yang bercampur dengan rasa kaget. Itulah yang dirasakan Yoseph Marlin, lulusan Fakultas Kedokteran Unpad angkatan 2009 yang Selasa (7/5) kemarin diwisuda dan tercatat sebagai wisudawan termuda untuk jenjang pendidikan Sarjana (S-1) pada Wisuda Gelombang III Unpad Tahun Akademik 2012/2013. Saat lulus sidang sarjana, Yoseph Marlin berusia 19 tahun 11 bulan.

Yoseph Marlin (Foto: Erman)*

“Wisudawan termuda ya? Perasaannya tentu senang dan bangga, tapi kaget juga. Ini juga karena sistem pendidikan di Fakultas Kedokteran Unpad yang mendorong semua mahasiswa untuk lulus kuliah tepat waktu. Keluarga juga sangat mendukung dengan selalu mengarahkan saya untuk mendapatkan pendidikan terbaik,” ujar Yoseph Marlin ketika ditemui di RS Hasan Sadikin Bandung, belum lama ini.

Saat ini, Yoseph sedang mengikuti pendidikan Profesi Pendidikan Dokter di Unpad. Anak pertama dari 4 bersaudara ini mulai masuk sekolah dasar di Palembang pada usia 5 tahun. Saat menempuh pendidikan SMP Santa Maria di Padang, Yoseph mengikuti kelas akselerasi sehingga hanya menempuh jenjang pendidikan SMP selama 2 tahun. Yoseph pun melanjutkan pendidikan ke SMAN 10 Bandung, dan masuk FK Unpad pada tahun 2009 di usia 16 tahun.

“Dulu saya sering pindah-pindah sekolah mengikuti orangtua saya. Sempat SD di Palembang, Pekanbaru, dan Padang. Terus SMP di Padang dan di sana mengikuti kelas akselerasi.  Lalu lanjut SMA di Bandung. Jadi saya sering beradaptasi dengan lingkungan baru,” ujar Yoseph yang lahir di Jakarta pada 20 Maret 1993.

Ketika ditanya prestasi akademiknya, Yoseph mengaku catatan prestasinya biasa saja. Bahkan ia mengaku kurang puas dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang diraihnya. Yoseph pun sempat mengikuti sejumlah organisasi mahasiswa meski tidak terlalu aktif, diantaranya Senat Mahasiswa FK Unpad, Center for Indonesian Medical Students Activities (CIMSA), Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK) Unpad.

“Kuliah di FK Unpad ini menyenangkan.Kekeluargaannya sangat erat, terutama dengan teman seangkatan. Dosen-dosennya baik, kualitas memuaskan. Sistem yang ada di FK Unpad, selain menuntun mahasiswa belajar dengan baik, juga mampu mempererat rasa persaudaran dengan teman-teman kuliah,” ujar Yoseph. *

Laporan oleh: Erman / am*

 

Share this: