Rektor Unpad (kanan) berjabat tangan dengan Direktur PT. Grafindo Nusantara usai penandatanganan MoU di Ruang Rektor, Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor, Selasa (14/05). (Foto: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 14/05/2013] Unpad menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Grafindo Nusantara. Penandatangan tersebut dilakukan langsung oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, dengan Direktur PT. Grafindo Nusantara, Anton Riyanto di Ruang Rektor, Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor, Selasa (14/05).

Rektor Unpad (kanan) berjabat tangan dengan Direktur PT. Grafindo Nusantara usai penandatanganan MoU di Ruang Rektor, Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor, Selasa (14/05). (Foto: Tedi Yusup)*

Kerja sama tersebut terkait dengan penelitian mengenai potensi grafit di Indonesia yang digawangi oleh para peneliti dari Laboratorium Sistem Instrumentasi dan Pemrosesan Fungsional Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpad. Para peneliti tersebut terdiri dari I Made Joni, M.Sc., Bambang Mukti Wibawa, M.S., Darmawan Hidayat, M.T., Dr. Camellia Panatarani, dan Setianto, M.Si.

“Grafit sendiri diambil dari batuan. Kita akan bekerjasama dengan PT. Grafindo Nusantara untuk mengolah grafitnya sampai kepada pemurnian dan produk,” ujar I Made Joni.

Hal tersebut diamini Anton. Menurutnya, grafit merupakan mineral yang strategis. PT. Grafindo Nusantara sendiri sudah lama mengeksplor mineral tersebut. Mereka pun merangkul tim dari prodi Fisika FMIPA Unpad untuk bekerja sama dalam mengeksplor dan mengolah mineral yang belum banyak diketahui orang itu.

“Kerja sama ini bukan terbatas pada kepentingan komersial, tapi juga untuk kemajuan riset, khususnya tentang grafit di Indonesia. Oleh karena itu, kami sendiri sudah menyiapkan dana riset untuk kerjasama tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut Anton mengungkapkan, kerjasama tersebut juga akan melibatkan Fakultas Teknik Geologi. “Kita juga akan mendirikan pusat riset di Bandung agar lebih mudah melakukan riset,” ujarnya.

Rektor Unpad pun mengapresiasi kerjasama tersebut. “Kami memang sedang mengembangan kerjasama dengan pihak ketiga/industri. Selain itu, kita juga sedang mengembangkan beberapa penelitian yang berorientasi pada produk,” kata Rektor.*

Laporan oleh: Maulana / art*

Share this: