Memulai Wirausaha dengan Memanfaatkan Teknologi Internet

Heri Bertus, narasumber dalam workshop “5 Menit Buka Toko Online”, memotivasi peserta untuk memulai wirausaha melalui bisnis online (Foto: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 23/05/2013] Siapa bilang memiliki gadget smartphone hanya untuk eksis di sosial media online? Di era teknologi online saat ini, smartphone merupakan teknologi yang mendukung segala aktivitas, termasuk menjalankan kegiatan jual beli. Cukup dengan smartphone, bisnis berbasis online bisa dijalankan kapan saja dan dimana saja.

Heri Bertus, narasumber dalam workshop “5 Menit Buka Toko Online”, memotivasi peserta untuk memulai wirausaha melalui bisnis online (Foto: Tedi Yusup)*

Pemerhati toko online sekaligus trainer IT di @WebmasterID, Heri Bertus mengungkapkan, bisnis online adalah jenis bisnis yang mudah. Jenis bisnis ini diklaim tak mengenal tempat, waktu, dan siapa pelanggannya. “Intinya, bisnis online sangat hemat waktu. Kita gak perlu capek mencari tempat untuk membuka usaha kita,” ujar Heri saat memberikan workshop “5 Menit Buka Toko Online”, Rabu (22/05) di Bale Santika Kampus Unpad Jatinangor.

Lalu, bagaimana cara memulai bisnis online? Ada beberapa langkah yang dipaparkan Heri terkait memulai usaha online. Pertama, cari informasi di beberapa forum online. Heri menjelaskan, dengan aktif di beberapa forum, kita semakin tahu jenis usaha apa yang banyak dicari oleh orang-orang. “Usahakan ikuti forum yang sudah dilengkapi dengan Forum Jual Beli, contohnya Kaskus,” tambah Heri.

Langkah selanjutnya adalah menguasai Search Engine Optimization (SEO). Dengan menguasai SEO, calon penjual akan semakin tahu kata kunci apa yang paling banyak dicari orang. Agar bisnis online yang dijalankan mudah dicari orang, Heri menyarankan untuk membuat username atau domain dari laman bisnis kita dengan nama dari kata kunci tersebut.

“Misalnya jika kita ingin jualan hijab (kerudung), akan lebih menarik jika username atau domain kita diberi nama trendhijab.com atau twitter.com/trendhijab . Kata “trend hijab” merupakan keyword yang paling sering dicari oleh wanita berhijab di SEO,” jelas Heri.

Hal lain ialah memublikasi produk yang dijual. Ada beberapa tips yang diberikan Heri terkait publikasi produk, yaitu mengambil foto dengan kamera handphone sendiri, dan memberikan watermark terhadap foto kita yang dipublikasikan. “Jangan ambil foto dari Google atau mengeditnya dengan menggunakan Photoshop. Ini berkaitan dengan kualitas penjualan dari produk kita,” kata Heri.

Dari sekian langkah tersebut, Heri mengajak para peserta workshop untuk memulainya. “Bisnis online sebenarnya butuh modal juga. Bukan modal uang, tapi modal niat untuk memulai bisnis,” tegas Heri.

Workshop “5 Menit Buka Toko Online” merupakan workshop roadshow yang digelar Indosat dengan YukBisnis.com di 10 kampus di Indonesia. Bekerjasama dengan Ferderasi Pengusaha Mahasiswa Unpad, Unpad pun dipilih sebagai kampus pertama penyelenggaraan roadshow tersebut.

Dibuka oleh Direktur Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni Unpad, Dr. Heryawan Kemal Mustafa, MSc., workshop ini penting digelar untk menunjang lahirnya wirausaha-wirausaha muda yang siap berkompetisi di dunia usaha. “Ini sesuai denganprinsip Unpad, yakni universitas sebagai inkubator lahirnya wirausaha,” ungkap Dr. Heryawan.*

Laporan oleh: Maulana *

Share this: