Pelajar SMA Patra Dharma saat mendengarkan pemaparan dari staf Humas Unpad tentang studi di Unpad (Foto: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 20/04/2013] Universitas Padjadjaran dari tahun ke tahun semakin diminati oleh para pelajar, tidak hanya dari kalangan masyarakat Jawa Barat akan tetapi juga dari berbagai daerah diseluruh Indonesia, bahkan mancanegara. Jumat (19/04) kemarin, sebanyak 35 rombongan pelajar dan guru pembimbing dari SMA Patra Dharma Mandiri Balikpapan juga mengunjungi Unpad kampus Jatinangor.

Pelajar SMA Patra Dharma Mandiri Balikpapan saat mendengarkan pemaparan dari staf Humas Unpad tentang studi di Unpad (Foto: Tedi Yusup)*

Mereka datang ke Unpad untuk melihat suasana kampus dan mencari tahu bagaimana sistem pendidikan di Unpad dan cara agar lolos seleksi Unpad. Rombongan ini  diterima oleh staf Humas Unpad, Wati Sukmawati, dan tim, di Ruang Rapat Bersama lantai 1 Gedung Rektorat Unpad Jatinangor.

“Kami sengaja membawa anak-anak kelas X dan XI ini ke Unpad, jauh-jauh hari sebelum mereka penjurusan di sekolah, agar mereka  tidak berpindah-pindah lagi jurusan dan bahkan bisa lebih mantap dalam menentukan minatnya untuk memilih program studi serta PTN mana yang akan mereka pilih nantinya dan  Unpad salah satu tujuan kami untuk menggali informasi,” ujar Heri selaku guru pembimbing.

Setelah ditayangkan film mengenai studi di Unpad, Siti salah satu pelajar dari sekolah tersebut, mengaku sangat tertarik untuk masuk ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, bahkan beliau bertanya apa saja yang dipelajari, prodi-prodi apa saja yang ada di dalamnya dan berapa pula biaya yang dikenakan. Ibu Endah selaku guru pendamping juga bertanya mengenai persiapan apa saja yang harus dilakukan untuk seleksi masuk Unpad.

Staf Humas Wati Sukmawati menjelaskan, mulai tahun ini akan diterapkan biaya uang kuliah tunggal (UKT) yang nantinya tentu akan disesuaikan dengan unit cost setiap program studi. Wati juga terus memberikan motivasi kepada pelajar dari Balikpapan ini, untuk tidak pernah pesimis dalam meraih cita-cita.

“Memang Unpad saat ini menjadi PTN yang paling diminati di Indonesia di jalur SNMPTN, dan tentu saja persaingan akan semakin ketat pula. Kuota yang diberikan untuk calon mahasiswa baru 2013 ini adalah melalui jalur SNMPTN 3.733 orang (60%) dan SBMPTN 2.095 orang (40%). Persiapkan diri kalian dari sekarang, terus ikuti perkembangan yang terjadi, terutama mekanisme pendaftaran baik melalui media cetak maupun media sosial lainnya,”, ujar Wati. *

Laporan oleh: Eriyanto / eh *   

Share this: