IKA FK Unpad Beri Apresiasi pada Alumni yang Gugur Saat Tugas

Kegiatan “Bike for Health” yang diisi acara sepeda santai dan pemberian apresiasi kepada alumni FK Unpad (Foto: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 8/04/2013] Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unpad Komisariat Fakultas Kedokteran menggelar rangkaian kegiatan bertajuk “Bike for Health”, Minggu (7/04), di halaman Parkir Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad, Bandung. Kegiatan tersebut juga digelar dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Dunia 2013 yang jatuh pada tanggal 7 April. Kegiatan ini juga diisi dengan pemberian apresiasi terhadap alumni FK Unpad yang gugur saat tugas dan alumni berdedikasi  dan berprestasi.

Kegiatan “Bike for Health” yang diisi acara sepeda santai dan pemberian apresiasi kepada alumni FK Unpad (Foto: Tedi Yusup)*

“Olah raga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Karena itu kami menyelenggarakan kegiatan bersepeda sebagai bagian dari kampanye hidup sehat,” ujar ketua pelaksana kegiatan, Wendy Freely Nugraha, dr., M.PH. Lebih lanjut, Wendy mengatakan pihaknya juga ingin memberikan advokasi bahwa gaya hidup sehat terdiri dari olah raga yang rutin, makanan yang baik, serta menghindari stres.

Sebanyak 340 peserta mengikuti kegiatan sepeda santai yang terdiri dari dua kategori, yaitu Advance Fun Bike dan Family Fun Bike. Selain dari kalangan Unpad, peserta pun juga berasal dari masyarakat Kota Bandung.

“Kegiatan ini bukan hanya sekadar sepeda santai mengelilingi kota saja. Banyak informasi kesehatan yang saya dapat saat mengikuti kegiatan ini,” ujar Asep, salah satu peserta.

Selain sepeda santai, Bike for Health ini juga diisi oleh rangkaian kegiatan lainnya, seperti talkshow “Gaya Hidup Sehat dan Blood Pressure” yang diisi oleh dua pembicara, yaitu dr. Rubin SpPD-KGH, ahli ginjal hipertensi Ilmu Penyakit Dalam FK Unpad, serta dr. Teddy Hidayat, SpKJ., ahli kedokteran jiwa FK Unpad.

Rangkaian kegiatan lainnya ialah pemberian penghargaan untuk dokter yang gugur saat menjalankan tugas, penghargaan untuk dokter yang berprestasi dan berdedikasi, peluncuran website resmi Ika FK Unpad, pemeriksaan tensi darah, serta pembagian doorprize dan panggung hiburan.

Terkait dengan pemberian penghargaan, Wendy mengungkapkan selama ini dokter sering dipolitisasi, terutama pada saat pemilihan calon pemimpin daerah. Selain itu, melalui ajang ini dapat memberikan pemahaman bahwa dokter bisa juga melakukan prestasi lain di luar profesinya.

[nggallery id=42]
Foto-foto: Tedi Yusup (Humas Unpad)*

Adapun penerima penghargaan untuk dokter yang gugur dalam tugas ialah (alm.) dr. Erina Nazarudin, FK Unpad angkatan 1996 (gugur saat menjalankan tugas sebagai pegawai tidak tetap di pedalaman Papua), dan (alm.) dr. Meimun Hidayati, FK Unpad angkatan 1993 (gugur saat menjalankan tugas sebagai dokter di pedalaman Lampung).

Sementara untuk penghargaan atas dedikasi dan prestasi diberikan kepada dr. Herman Sutrisno yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Banjar, Jawa Barat.

Untuk kegiatan peluncuran website resmi IKA FK Unpad yang beralamat di http://ika-fkunpad.org/ , Wendy mengharapkan website yang masih dalam tahap pengembangan tersebut dapat menjadi database bagi para anggota IKA FK Unpad yang diperkirakan mencapai 7.000 orang.

“Website tersebut nantinya juga menjadi portal resmi untuk menginformasikan lebih luas kegiatan yang berhubungan dengan Ikatan Keluarga Alumni dan FK Unpad,” tambahnya.*

Laporan oleh: Maulana / eh *

Share this: