FTG Unpad Jadi Tuan Rumah Pekan Ilmiah Tahunan Perhimagi 2013

Salah satu rangkaian kegiatan Pekan Ilmiah Tahunan Perhimagi di Bale Sawala Unpad Jatinangor (Foto: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 16/04/2013] Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Fakultas Teknik Geologi (FTG) Unpad yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Geologi Indonesia (Perhimagi) menggelar Pekan Ilmiah Tahunan Perhimagi 2013, dari tanggal 14 – 22 April 2013. Ada 3 kegiatan yang digelar dalam kegiatan tersebut, yaitu Seminar Nasional, Musyawarah Nasional, dan Field Trip.

Salah satu rangkaian kegiatan Pekan Ilmiah Tahunan Perhimagi di Bale Sawala Unpad Jatinangor (Foto: Tedi Yusup)*

Menurut Reza Vahagia, ketua pelaksana dari Pekan Ilmiah Perhimagi, kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Perhimagi. Mengangkat tema “think entrepreneur, get technology, save the earth, and stay geologist”, Reza mengungkapkan tidak banyak para sarjana geologi yang berkecimpung di dunia entrepreneur.

“Dalam semnas yang digelar, kami sengaja mengundang lulusan geologi yang sekarang berkecimpung di usaha batu mulia agar mampu mengubah mind set mahasiswa geologi untuk berkecimpung di dunia usaha,” jelas Reza.

Kegiatan yang diikuti oleh peserta dari 15 perguruan tinggi di Indonesia ini juga menggelar aksi peduli lingkungan. Menurut Reza, aksi peduli lingkungan tersebut diwujudkan dalam field trip ke kawasan karst, di daearh Padalarang, snorkeling di Pulau Seribu dan mengunjungi tempat penangkaran penyu dan hiu, serta melakukan penanaman pohon di sekitar hulu sungai Citarum.

“Penanaman pohon tersebut merupakan bentuk Corporate Social Responsibility dari kegiatan ini. Diharapkan seorang geologist nantinya tidak hanya berpikir mengeksplorasi alam, tapi juga ikut melestarikan lingkungan” tambah Reza.

Kegiatan lain yang dilakukan ialah musyawarah nasional (munas) tahunan pengurus Perhimagi. Dalam munas tersebut, dibahas mengenai penyusunan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, laporan pertanggungjawaban pengurus Perhimagi tahun 2012, pemilihan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perhimagi, serta pembentukan pengurus baru dari Perhimagi.

Reza sendiri berharap, dengan digelarnya Pekan Ilmiah Perhimagi ini dapat mengangkat nama baik FTG Unpad sebagai tuan rumahnya. Selain itu, kegiatan ini sekaligus merupakan ajang silaturahmi antar mahasiswa Geologi se-Indonesia. “Banyak hal yang akan kita dapat dari kegiatan ini, salah satunya ialah mempererat persaudaraan antara mahasiswa Geologi se-Indonesia,” pungkasnya.*

Laporan oleh Maulana / eh *

Share this: