Program Hebat FK Unpad Raih Penghargaan Indonesia MDG Awards 2012

[Unpad.ac.id, 27/03/2013] Program Hidup Bersama Sahabat (Hebat) Fakultas Kedokteran (FK) Unpad meraih penghargaan Indonesia MDG Awards (IMA) 2012. Acara yang diprakarasai oleh Kantor Urusan Khusus Presiden untuk Millenium Development Goals (KURPRI MDGs) ini diselenggarakan di Conrad Hotel, Bali dan dibuka secara resmi oleh Presiden Republik lndonesia, Soesilo Bambang Yudoyono, pada Selasa (26/03) lalu.

Logo Unpad*

Program Hebat FK Unpad memenangkan IMA 2012 pada kategori tema Penanggulangan HIV/AIDS dan Penyakit Menular Lainnya untuk kategori peserta organisasi pemuda/akademisi. Dekan FK Unpad, Prof. Dr. med Tri Hanggono Achmad, dr.,  yang turut menghadiri acara tersebut mengucapkan rasa syukurnya terhadap pencapaian ini dan berterima kasih atas kerja keras yang baik dari berbagai pihak untuk pelaksanaan Program Hebat ini.

Ketua Laboratorium Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) FK Unpad, Bachti Alisyahbana, dr., SpPD., Ph.D, yang juga hadir di acara tersebut beserta perwakilan dari Program Hebat FK Unpad menyatakan bahwa program Hebat memang menjadi salah satu program unggulan dari LPPM FK Unpad. Program Hebat adalah salah satu bentuk “produk” dari hasil penelitian dalam program  lntegrated Management of Prevention and Control and Treatment of HIV/AlDs (IMPACT) yang merupakan sebuah tim kolaborasi antara FK Unpad, Rumah Sakit Umum Hasan Sadikin, dan tiga universitas di Belanda dan Belgia.

Pada tahun 2009, tim tersebut melakukan penelitian kualitatif pada 93 siswa SMP dari 5 sekolah mewakili 5 wilayah di Kota Bandung. Penelitian lanjutan juga dilakukan kepada 316 guru yang mewakili 25 sekolah di Kota Bandung. Penelitian bertujuan mengetahui sejauh mana sikap, kepercayaan diri, dan keinginan guru mengajarkan pendidikan kesehatan reproduksi dan pendidikan pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa diperlukan tindakan pencegahan yang bersifat komprehensif dengan tujuan melindungi kaum muda dari perilaku berisiko terkait HIV-AlDS. Selain itu, diperlukan juga pengembangan program pencegahan berbasis sekolah terintegrasi dalam kurikulum yang diberi nama sebagai program Hebat atau “Hidup Sehat Bersama Sahabat”.  Program ini ditujukan untuk remaja awal (usia SMP).

Program Hebat FK Unpad merupakan kurikulum pencegahan HIV yang dikembangkan sesuai dengan kondisi aktual di kota Bandung, dengan mengkombinasikan pencegahan penyalahgunaan narkoba (drug education) dan kesehatan reproduksi (reproductive health education).  Materi yang diberikan disesuaikan dengan tingkat perkembangan dan hak remaja.  Saat ini, sudah 24 SMP di Kota Bandung yang melaksanakan kurikulum program ini.

Tujuan program Hebat adalah untuk memberdayakan remaja, dengan memberikan informasi terkait HIV yang benar dan terkini, memfasilitasi pengembangan sikap yang positif, mempromosikan keterampilan hidup dengan bernegosiasi, mengarahkan pada pengembangan perilaku sehat dan bertanggung jawab, membuat guru mampu memfasilitasi topik terkait, serta meningkatkan kesadaran manajemen sekolah tentang perkembangan remaja, narkoba dan HIV-AIDS.*

Rilis oleh: FK Unpad / art*

Share this: