Prof. Josaphat dari Chiba University Sampaikan Kuliah Umum tentang Teknologi Remote Sensing

Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, PhD (Foto: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 25/03/2013] Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, Ph.D., dari Center for Environmental Remote Sensing, Chiba University, Jepang memberikan kuliah umum kepada mahasiswa dan dosen di lingkungan Unpad. Kuliah umum tersebut digelar pada Senin (25/03) di Bale Rucita Gedung Rektorat Kampus Unpad Jatinangor.

Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, PhD (Foto: Tedi Yusup)*

Kuliah umum bertajuk “Development of Advance Remote Sensing Technology for Microsatelite – UAV and its Applications” berisi tentang penjelasan mengenai pemanfaatan teknologi remote sensing (pencitraan) untuk penelitian mengenai bumi.

Prof. Josaphat sendiri mengenalkan penemuan pesawat tanpa awaknya yang bernama Unmanned Aerial Vehicle (UAV). UAV memiliki fungsi sebagai alat untuk mengambil citra permukaan bumi, bahkan sampai kepada kedalaman bumi. Nantinya, UAV yang menggunakan teknologi remote sensing berperan untuk penelitian mengenai bumi, pertanian, ketersedian air tanah, hingga tata guna lahan.

Menurut Staf Khusus Bidang Kerja Sama Wakil Rektor III Unpad, Handarto, S.TP., M.Agr., Ph.D., kuliah umum tersebut didasarkan pada kunjungan Prof. Josaphat ke lembaga-lembaga riset dan perguruan tinggi yang menjadi mitra dengan Chiba University. Prof. Josaphat sendiri merupakan profesor ahli di bidang satelit dan penginderaan, yang keilmuannya sendiri sudah menjadi aset bagi Indonesia maupun Jepang.

Melalui kuliah umum ini, Handarto berharap para peserta kuliah, yang terdiri dari mahasiswa sarjana dan pascasarjana, hingga dosen dan staf dapat termotivasi untuk mengembangkan teknologi remote sensing tersebut untuk kepentingan penelitian. Selain itu, dapat terjalin kerjasama lanjutan antara para peserta dengan Prof. Josaphat terkait dalam bidang tersebut.*

Laporan oleh: Maulana / eh *

Share this: