Wakil Rektor III Unpad (tengah) saat membuka pertemuan perwakilan Fakultas dan tim dari QS-Stars Unpad (Foto: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 21/02/2013] Pada tahun 2012 lalu, Unpad masih menduduki peringkat ke-181 berdasarkan QS-Stars Global Rating System. Oleh karena itu, Unpad terus berupaya meningkatkan posisi tersebut dengan menyusun serta melengkapi data-data yang dapat menjadi informasi dalam penilaian yang dilakukan oleh QS-Stars.

Wakil Rektor III Unpad (tengah) saat membuka pertemuan perwakilan Fakultas dan tim dari QS-Stars Unpad (Foto: Tedi Yusup)*

“Upaya kita untuk mengembangkan QS-Stars itu sendiri juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem informasi yang ada di Unpad,” ujar Wakil Rektor III Unpad, Dr. med. Setiawan saat bertemu dengan perwakilan Fakultas dan tim dari QS-Stars Unpad, Kamis (21/02) di ruang Executive Lounge, Kampus Unpad Dipatiukur. Menurutnya, saat ini masih ada beberapa data yang masih stagnan.

“Tahun 2011 lalu, kita sudah menduduki peringkat ke-128. Namun, di tahun 2012 menurun menjadi 181. Ini disebabkan adanya informasi yang sifatnya stagnan yang tidak di-updating, sehingga ke depan harus diperbaiki,” jelasnya.

Oleh karena itu, langkah yang dilakukan ialah memperkuat tim untuk mengumpulkan dan mengolah data dan informasi, baik dari universitas maupun dari masing-masing fakultas. Tim tersebut juga bertugas untuk mengubah data-data yang ada menjadi informasi yang dibutuhkan oleh QS-Stars. Setiawan pun optimis pada tahun ini peringkat tersebut akan meningkat.

Namun, Setiawan sendiri menegaskan, di dalam penyusunan peta data untuk mendukung kelengkapan sistem informasi tidak semata-mata untuk mengejar peringkat. “Peringkat hanyalah reward dari apa yang kita lakukan. Yang lebih penting adalah bagaimana kita bisa memperkuat sistem data dan informasi yang ada sehingga lebih reliable dan valid,” ujar Setiawan.

Kepala Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi Unpad, Drs. Sudarma, M.M., menyatakan, data-data yang menjadi informasi tersebut memiliki korelasi dengan data IKK yang telah dibuat oleh masing-masing fakultas. Sehingga bisa dikatakan, QS-Stars bermanfaat dalam mengetahui seberapa jauh kinerja yang telah dibuat. “Intinya ialah, data yang disajikan merupakan bagian dari Indikator Kinerja Kunci (IKK) yang telah diupload ke sistem,” jelasnya.

QS-Stars (Quacquarelli Symonds) adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan dan studi luar negeri dengan memiliki program berupa penilaian terhadap kinerja perguruan tinggi dengan hasil penilaiannya berupa rating.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaporkan perkembangan data-data yang ada di Unpad oleh perwakilan dari tim QS-Stars Unpad, Dr. Rer Nat. Suseno Amien, Ir. Selain itu, kegiatan ini juga akan dihadiri oleh Senior Researcher QS Intelligence Unit, Mr. Samuel Wong, pada sore hari.*

Laporan oleh: Maulana / eh *

Share this: