Prof. Otje Salman Telah Memberi Warna Bagi Pengembangan Ilmu Hukum

[Unpad.ac.id, 29/01/2013] Salah satu guru besar Fakultas Hukum Unpad, Prof. Dr. H. R. Otje Salman Soemandiningrat, SH., MH., meninggal dunia pada hari ini di Bandung pukul 7.25 WIB. Guru besar emeritus yang 9 Januari lalu genap berusia 74 tahun itu mendapat penghormatan terakhir dari civitas Unpad di lobi gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Selasa (29/01) siang tadi, sebelum dimakamkan di  pemakaman keluarga  Gunung Puyuh Sumedang.

Prof. Otje Salman Soemadiningrat, SH., MH (Foto: Tedi Yusup)*

“Prof. Otje Salman telah memberikan warna kepada pengembangan ilmu hukum di Unpad, terutama tentang Sosiologi Hukum. Banyak hal yang telah beliau lakukan, bahkan seminggu yang lalu beliau masih menyempatkan diri memeriksa disertasi mahasiswa. Kami mengucapkan belasungkawa, dan juga terima kasih atas bakti almarhum selama ini,” ujar Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, DEA., saat melepas jenazah Prof. Otje Salman di lobi Gedung Rektorat Unpad Jatinangor.

Prof. Otje Salman mengabdi sebagai pegawai negeri sipil di Unpad sejak tahun 1969. Sebagai dosen, beliau telah menghasilkan sejumlah buku tentang ilmu hukum yang banyak digunakan oleh mahasiswa ilmu hukum di seluruh Indonesia.Beberapa buku yang ditulisnya antara lain Ikhtisar Filsafat Hukum (1987), Sosiologi Hukum Suatu Pengantar (1989), Kesadaran Hukum Masyarakat dalam Hukum Waris (1996), Mushaf Alquran Program Digital (1996), Eksistensi Hukum Adat dalam Perkembangan Masyarakat Global (1998), Hukum Waris Islam (2002), dll.

Tampak hadir dalam upacara penghormatan terakhir tersebut pimpinan Unpad, rekan-rekan dosen dan staf akademik,  juga keluarga almarhum termasuk istrinya, Dr. Hj. Hendriati Agustiani, M.Si.,  dan anak-anak almarhum.

Selamat jalan Prof. Otje Salman. *

Laporan oleh: Erman *

Share this: