Unpad Apresiasi Capaian Target Kinerja dalam Ajang ” Gelar Kinerja Universitas Padjadjaran 2012″

Suasana penilaian kinerja fakultas oleh anggota Senat Unpad pada acara "Gelar Kinerja Universitas Padjadjaran 2012", Kamis (20/12). (Foto: Tedi Yusup)

[Unpad.ac.id. 20/12/2012] Guna mengapresiasi ketercapaian target kinerja selama tahun 2012 yang dilakukan oleh fakultas-fakultas serta unit kerja di lingkungan Unpad, maka pada hari Kamis (20/12) digelar kegiatan Gelar Kinerja Universitas Padjadjaran 2012 yang bertempat di lobi Gedung Rektorat Unpad, kampus Jatinangor.

Suasana penilaian kinerja fakultas oleh anggota Senat Unpad pada acara “Gelar Kinerja Universitas Padjadjaran 2012”, Kamis (20/12). (Foto: Tedi Yusup)

“Ekpose ini adalah bentuk apresiasi bagi ketercapaian taget kinerja unit kerja. Hal tersebut tentu harus kita apresiasi,” ujar Wakil Rektor II Unpad, Prof. Dr. Rina Indiastuti, SE., MSIE. Ketika ditemui disela kegiatan Gelar Kinerja 2012.

Selain sebagai bentuk apresiasi, Prof. Rina juga berharap Gelar Kinerja ini dapat menjadi media sharing pengetahuan bagi capaian beberapa kinerja, karena menurutnya ada beberapa unit kerja yang baik di satu sisi, namun lemah di sisi lainnya. Di gelaran ini, unit kerja tersebut dapat berbagi ilmu atas ketercapaian target yang diraihnya serta dapat belajar pula dari unit kerja/fakultas lain atas tagetnya yang tak berhasil dicapainya.

Tak kurang dari 21 unit kerja dan fakultas memamerkan berbagai macam capaian kinerja yang diraihnya selama tahun 2012 ini. Diakui Prof. Rina, secara keseluruhan telah banyak pula peningkatan yang diraihnya selama tahun 2012. Seperti misalnya di bidang pembelajaran dimana efisiensi edukasi semakin baik serta jumlah lulusan tepat waktu yang semakin meningkat.

Sementara itu capaian-capaian kinerja lainnya juga semakin meningkat adalah dalam bidang kemahasiswaan yang ditunjukkan dengan diraihnya berbagai macam penghargaan mahasiswa baik nasional maupun internasional. Selain itu, dalam bidang sarana dan prasarana fisik pun terjadi peningkatan yang cukup signifikan.

Namun, Prof. Rina juga mengakui bahwa ada beberapa catatan penting di tahun 2012 ini yang harus semakin ditingkatkan misalnya saja dalam publikasi penelitian para dosen di jurnal internasional serta beberapa hal lainnya. “Publikasi dosen dan sertifikasi tenaga kependidikan itu pasti harus lebih ditingkatkan. Juga mengenai transparansi akuntabilitas itu terus akan ditingkatkan, itu yang paling diprioritaskan,” tuturnya.

Salah satu unit kerja di lingkungan Unpad, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) merupakan salah satu unit kerja yang berhasil meraih target capain kinerja secara sempurna pada tahun ini. “Kinerja Selama tahun 2012 ini LPPM memenuhi target secara keseluruhan. Capaian kita itu bisa melebihi target yang telah ditetapkan sebenarnya,” ujar Kepala Bagian Tata Usaha LPPM Unpad, Suratman.

Menurutnya, target capaian itu sendiri berhasil diraih melalui berbagai macam perencanaan seperti misalnya melalui sosialisasi skema penelitian yang dilakukan sejak awal. Ia juga mengakui tanpa kehadiran para peneliti yang berada di fakultas target capaian itu sendiri takkan mungkin diraih.

Salah satu bentuk apresiasi lain dalam Gelar Kinerja Unpad 2012 ini yaitu pemberian hadiah. Pengundian hadiah bagi para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Unpad ini dilakukan langsung oleh Rektor Unpad, Prof Ganjar Kurnia. Dari hasil undian tersebut, Sophia Dwiratna NP., Stp., Mt., dosen Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) berhak mendapatkan satu buah laptop. Sementara itu, Nenden Siti Romlah, tenaga kependidikan dari Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) berhak mendapat satu buah motor dari Bank Rakyat Indonesia (BRI), salah satu mitra Unpad yang turut mengapresiasi keberadaan tenaga pendidik dan kependidikan di Unpad.*

[nggallery id=23]

Foto-foto: Tedi Yusup

Laporan oleh: Indra Nugraha/mar

 

Share this: